Bhabinkamtibmas BRIPKA ALBERTUS RAHMAT Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana di Cibal, Kab. Manggarai

Bhabinkamtibmas BRIPKA ALBERTUS RAHMAT Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana di Cibal, Kab. Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Kabupaten Manggarai, 10 Oktober 2023- Bhabinkamtibmas Polres Manggarai, BRIPKA ALBERTUS RAHMAT, aktif melakukan kegiatan pencegahan tindak pidana di Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, pada hari Jumat, 10 Oktober 2023.

Dalam rangka upaya pencegahan terjadinya tindak pidana, petugas Bhabinkamtibmas melakukan kegiatan sambang di kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kecamatan Cibal. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memantau situasi kamtibmas dan menggali informasi terkait penurunan baliho para calon legislatif beberapa waktu lalu.

Dalam sambang tersebut, petugas Bhabinkamtibmas mendapatkan informasi bahwa situasi aman terkait penurunan baliho telah sesuai prosedur dan tidak ada laporan atau keluhan dari pihak Panwas maupun masyarakat terkait kegiatan tersebut.

Hadiri pada saat kegiatan ini adalah:

  1. Pa Remigius Mon (Panwas)
  2. Pa Nikolaus Gous (PJ Desa Barang)

Petugas Bhabinkamtibmas tidak hanya memantau situasi, namun juga menyampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat:

1. Pencegahan Perdagangan Orang (TPPO): Petugas memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak mudah tergiur segala bentuk bujuk rayu yang mungkin terkait dengan perdagangan orang. Masyarakat diminta untuk berhati-hati dan tidak terlibat dalam kegiatan yang dapat membahayakan diri mereka sendiri.

2. Pencegahan Karhutla: Petugas mengingatkan masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar, terutama karena saat ini telah memasuki musim kemarau. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat merugikan banyak pihak.

3. Pencegahan Penyebaran Hewan Penular Rabies (HPR): Masyarakat diminta untuk menjaga hewan peliharaan dengan mengikat atau mengandangkan, mengingat risiko penularan rabies. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat sekitar.

Giat berjalan lancar, situasi kamtibmas terpantau dengan baik, dan pihak Panwas menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran petugas Bhabinkamtibmas. Keberadaan petugas di lapangan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan mendukung terciptanya situasi yang kondusif menjelang Pemilihan Umum.(MBA)