Bhabinkamtibmas Brigpol Bonaventura Laba Salurkan Bantuan Sosial Presiden RI dan Sosialisasi Pencegahan TPPO di Kecamatan Cibal Barat

Bhabinkamtibmas Brigpol Bonaventura Laba Salurkan Bantuan Sosial Presiden RI dan Sosialisasi Pencegahan TPPO di Kecamatan Cibal Barat

Tribratanewsmanggarai.com-

Cibal Barat, 23 November 2023 - Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Kecamatan Cibal Barat, Brigpol Bonaventura Laba, turut aktif dalam kegiatan kemanusiaan dan pencegahan tindak pidana dengan menyalurkan bantuan sosial dan memberikan sosialisasi tentang pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Pada hari Kamis, 23 November 2023, Brigpol Bonaventura Laba melaksanakan penyaluran bantuan sembako yang berasal dari Presiden Republik Indonesia. Bantuan disalurkan kepada warga kurang mampu, janda, lansia, dan difabel di wilayah Kecamatan Cibal Barat, khususnya di RT 01 Desa Lenda.

Selain menyalurkan bantuan sosial, Bhabinkamtibmas ini juga memanfaatkan kesempatan untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat. Berikut beberapa poin yang disampaikan oleh Brigpol Bonaventura Laba:

A. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Petugas Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Beliau menyoroti pentingnya mengikuti jalur resmi pemerintah melalui PJTKI untuk menghindari risiko terlibat dalam TPPO. Brigpol Laba juga mendorong agar warga yang direkrut untuk bekerja di luar daerah segera menginformasikan ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat untuk mencegah terjadinya TPPO.

B. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) Bhabinkamtibmas mengingatkan pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, untuk mengandangkan atau mengikat hewan tersebut guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penyakit rabies. Langkah ini diambil untuk melindungi warga dari bahaya gigitan hewan penular rabies, yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

C. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai Brigpol Bonaventura Laba mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu. Ia menekankan pentingnya tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang mungkin ingin mengganggu situasi kamtibmas menjelang pemilihan umum. Petugas Bhabinkamtibmas juga menyarankan warga untuk melaporkan gangguan kamtibmas kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

Dengan kegiatan ini, Brigpol Bonaventura Laba tidak hanya memberikan bantuan kepada yang membutuhkan tetapi juga berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta memberikan edukasi penting kepada warga terkait isu-isu kritis yang dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari.(MBA)