Bhabinkamtibmas Aipda Yustianus Gorang Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Edukasi dalam Musyawarah Dusun

Bhabinkamtibmas Aipda Yustianus Gorang Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Edukasi dalam Musyawarah Dusun

TRibratanewsmanggarai.com-

Reok, Kamis 7 Desember 2023 - Aipda Yustianus Gorang, Bhabinkamtibmas (Bhabin) Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, turut serta dalam Musyawarah Dusun (musdus) tingkat Dusun Tempode, Desa Salama, untuk tahun anggaran 2024. Acara yang berlangsung pukul 15.00 WITA di Kampung Jati, Dusun Tempode, Desa Salama, ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, agama, dan pemuda sebanyak kurang lebih 20 orang.

Dalam kesempatan ini, Bhabin Aipda Yustianus Gorang menyampaikan sejumlah pesan kamtibmas dan edukasi kepada hadirin, melibatkan Sekretaris Desa Salama, Ketua BPD Desa Salama Mikael Doko beserta anggotanya, Babinsa, kepala Dusun Tempode, Dusun Wae Nggorong, dan Dusun Diwu Lewe, serta para Rt dan Rw Dusun Tempode.

Poin-poin penting yang disampaikan Bhabin Aipda Yustianus Gorang adalah sebagai berikut:

1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bhabin mengajak dan menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Ia menyampaikan pentingnya mengikuti jalur resmi pemerintah melalui PJTKI untuk menghindari TPPO. Jika ada warga yang direkrut untuk bekerja di luar daerah/negeri, Bhabin mendorong agar segera menginformasikannya kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat guna mencegah TPPO.

2. Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) Bhabin mengingatkan pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing untuk menjaganya dengan mengandangkan atau mengikat, sehingga tidak menggigit manusia. Langkah ini diambil untuk mencegah penularan rabies, penyakit anjing gila.

3. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Bhabin menghimbau agar masyarakat tidak menggunakan metode pembakaran dalam membersihkan lahan guna mencegah kebakaran hutan dan lahan. Ia juga mengajak untuk melaporkan ke petugas Bhabin apabila terjadi kebakaran.

4. Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam Bhabin mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap hujan dan angin kencang. Ia juga menyarankan untuk tidak membangun rumah di daerah rawan longsor. Selain itu, Bhabin mendorong agar bersama-sama menjaga dan melestarikan alam dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor dan menghindari penggalian pasir dan batu di area dekat rumah/jalan raya untuk mencegah tanah longsor.

5. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai Bhabin Aipda Yustianus Gorang mengajak masyarakat untuk menjaga dan memelihara situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu. Ia menekankan bahwa perbedaan pilihan politik dalam demokrasi adalah hal yang wajar dan dilindungi oleh undang-undang. Bhabin juga menghimbau agar tidak terprovokasi dan tidak melakukan intimidasi terhadap pihak lain dalam proses pemilihan, serta menjadikan perbedaan pilihan politik sebagai pemicu perpecahan dan konflik dalam masyarakat.(MBA)