BERKAH JUMAT POLRES MANGGARAI

BERKAH JUMAT POLRES MANGGARAI

tribratanewsmanggarai.com- Jumat,20/01/2023 pukul 09.20 wita bertempat di Mapolres Manggarai telah berlangsung kegiatan CARI BERKAH JUMAT (Cerita Ringan dan Sharing Bersama Kapolres Manggarai).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Manggarai KOMPOL SAHIDIN SUNA dan hadiri oleh Para Kasat, Para KBO dan Anggota Sat Binmas Polres Manggarai serta perwakilan warga masyarakat dari Kelurahan Compang Tuke dan Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Pada kesempatan tersebut Wakapolres Manggarai KOMPOL SAHIDIN SUNA, memberikan penyampaian sebagai berikut :

1. Kegiatan Cari Berkah Jumat ini merupakan kegiatan sebagai sarana komunikasi agar lebih dekat kepada masyarakat dan akan dilaksanakan secara rutin setiap hari Jumat.

2.  Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk jika ada masyarakat yang ingin sharing, melapor ataupun mengadu terkait dengan situasi di masyarakat ataupun kinerja Polri. 

3. Tujuan kami mengundang Bapak atau Saudara sekalian untuk  menyampaikan keluhan atau permasalahan ditengah tengah kehidupan di masyarakat.

Setelah itu para peserta Jumat Berkah menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Pada kesempatan ini kami selaku warga masyarakat mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Polres Manggarai karena kami telah di undang dan langsung bertatap muka di forum Jumat berkah ini untuk menyampaikan keluh kesah kami.

2. Hari ini kami bahagia sekali karena kami bermitra dengan pihak Polres Manggarai karena ada kesan selama ini bahwa masyarakat kalau  bertemu Polisi bukan main takutnya maka dari itu kami sangat senang padahal kesan itu tidak benar nyatanya kami hari ini seperti keluarga dengan pihak Polres Manggarai.

3. Kami disini menyampaikan apa yang sering terjadi di lingkungan yang kami tinggal, selama ini yang terjadi adalah setiap ada acara pesta nikah maupun acara sambut baru sering anak muda maupun orang tua mengkonsumsi minuman beralkohol dan setelah itu terjadi perkelahian yang membuat kami warga masyarakat terganggu.

4. Kami juga sering melihat mobil angkutan umum memarkir kendaraan tidak pada tempatnya dan ada kendaraan sepeda motor juga yang menggunakan knalpot racing.

5. Kami juga mengharapkan agar Polres Manggarai melakukan sosialisasi di setiap rumah gendang yang menghadirkan warga masyarakat banyak hal ini supaya masyarakat tau tentang hukum dan takut akan berbuat kejahatan apapun.

6. Kami juga mengharapkan agar Polres Manggarai selalu melakukan pola kedekatan kepada masyarakat hal ini agar masyarakat dengan Polisi menjadi sahabat dan mitra bagi masyarakat.

Menanggapi penyampaian tersebut, Wakapolres Manggarai bersama Para Kasat memberikan tanggapan sebagai berikut :

1. Terimakasih banyak atas waktu dan kesempatanya sehingga bisa hadir di acara forum Jumat berkah ini.

2. Mengenai warga masyarakat yang mengkonsumsi minuman beralkohol kemudian terjadi perkelahian, selama ini memang sering terjadi keributan ditempat pesta gara-gara mabuk dan kami dari Pihak Polres Manggarai melalui Bhabinkamtibmas langsung merespon setiap kejadian dan langsung melakukan tindakan kepada para pelaku yang membuat keributan sedangkan dari pihak korban kami melakukan pertolongan dan kami juga langsung menyelesaikan permasalah yang terjadi. 

3. Untuk masalah parkiran kami pihak Polres Manggarai selalu melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan agar sama-sama menertibkan kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya sedangkan masalah sepeda motor yang menggunakan knalpot racing selama ini kami sudah melakukan sosialisasi disetiap sekolah-sekolah agar tidak menggunakan knalpot racing dan kami juga selama ini sudah melakukan penindakan terhadap pelanggar racing knalpot namun kami tidak melakukan penilangan melainkan kami melakukan peneguran dan pemahaman agar tidak menggunakan knalpot racing lagi.

4. Mengenai sosialisasi, Polres Manggarai sangat merespon karena untuk sekarang ini Bapak Kapolres Manggarai mempunyai program untuk mendekatkan diri kepada masyarakat supaya bisa sharing dan cerita ringan kepada masyarakat, hal ini terimakasih atas masukannya nanti kami akan laporkan kepada Kapolres Manggarai terkait pelaksanaan sosialisasi disetiap rumah gendang yang ada di Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

5. Kami juga dari pihak Polres Manggarai sangat setuju apabila selalu melakukan pola kedekatan kepada masyarakat agar kami selalu mendapatkan informasi apa saja yang sering terjadi di lingkungan masyarakat.
Kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar sampai selesai.