Aipda Kornelius Jemarus Lakukan Kegiatan Pencegahan TPPO, HPR, dan Kenakalan Remaja di Desa Dimpong

Aipda Kornelius Jemarus Lakukan Kegiatan Pencegahan TPPO, HPR, dan Kenakalan Remaja di Desa Dimpong

Tribratanewsmanggarai.com-

Senin, 10 Juni 2024, 09.40 WITA - Desa Dimpong, Kecamatan Rahong Utara

Pada hari ini, Senin, 10 Juni 2024, pukul 09.40 WITA, Aipda Kornelius Jemarus, Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan kegiatan sambang sekaligus koordinasi rutin dan himbauan Kamtibmas di Kantor Desa Dimpong, Desa Dimpong. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya Hewan Penular Rabies (HPR), dan kenakalan remaja.

Dalam kegiatan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus bertemu dengan Sekretaris Desa Dimpong, Bapak Fasten, dan staf desa. Bapak Fasten menginformasikan bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO.

Himbauan dan Edukasi yang Disampaikan:

A. Pencegahan TPPO Aipda Kornelius Jemarus mengajak dan menghimbau warga untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Beliau menekankan pentingnya mengikuti jalur atau mekanisme resmi dari pemerintah melalui PJTKI jika ingin bekerja di luar negeri. Selain itu, warga diimbau untuk segera melaporkan ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat apabila ada yang direkrut untuk bekerja di luar daerah atau luar negeri guna mencegah terjadinya TPPO.

B. Pencegahan Bahaya HPR Petugas Bhabinkamtibmas mengajak Sekdes Fasten dan stafnya untuk menghimbau warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar mengandangkan atau mengikat hewan tersebut. Langkah ini penting untuk mencegah gigitan anjing rabies yang bisa membahayakan kesehatan manusia.

C. Pencegahan Gangguan Kamtibmas Aipda Kornelius Jemarus juga mengajak Sekdes Fasten dan stafnya untuk menghimbau masyarakat melaporkan setiap gangguan kamtibmas kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat dan menghindari tindakan main hakim sendiri.

D. Koordinasi Saat Acara Pesta Beliau juga meminta agar selalu berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas ketika ada acara pesta. Selain itu, Bapak Kades, Sekdes, dan staf diharapkan dapat membantu Polri memberikan himbauan kamtibmas selama acara berlangsung, terutama jika petugas Bhabinkamtibmas tidak bisa hadir karena tugas di tempat lain.

Dengan kegiatan rutin ini, diharapkan masyarakat Desa Dimpong semakin waspada dan berperan aktif dalam menjaga keamanan serta mencegah terjadinya berbagai tindak kejahatan dan gangguan kamtibmas. Aipda Kornelius Jemarus berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dan sosialisasi demi keamanan dan kenyamanan bersama.(MBA)