Patroli Samapta Polres Manggarai : Jaga Situasi Kamtibmas Kondusif di Ruteng

Patroli Samapta Polres Manggarai : Jaga Situasi Kamtibmas Kondusif di Ruteng
Patroli Samapta Polres Manggarai : Jaga Situasi Kamtibmas Kondusif di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 18 Desember 2023 – Pukul 09.00 WITA, Anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan patroli dialogis dan sambang guna menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Kota Ruteng. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan utama meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat serta mencegah potensi gangguan Kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas.

Sasaran patroli kali ini melibatkan sejumlah lokasi strategis, termasuk Kantor KPUD Manggarai, terminal Mena, terminal Puni, dan area sekitar pasar Puni. Selain itu, patroli juga menyasar tukang ojek, sopir angkot, pedagang di stand Pasar Puni, serta para penumpang di berbagai tempat dan arus lalu lintas.

Dalam berkomunikasi dialogis dengan masyarakat, pedagang, tukang ojek, dan sopir angkot, anggota Samapta memberikan himbauan tentang Kamtibmas dan Keselamatan Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas). Mereka juga menghimbau para pihak terkait, seperti tukang ojek, sopir angkot, dan pedagang, untuk mematuhi aturan dan pindah ke lokasi yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah atau pengelola pasar.

Mengingat pentingnya keamanan menjelang Pesta Demokrasi dan Pilpres, patroli ini juga bertujuan mencari informasi di sekitar pasar tentang potensi gangguan Kamtibmas seperti pencurian dan pencopetan. Hal ini diharapkan dapat memberikan perlindungan, pengayoman, dan rasa aman kepada masyarakat yang tengah melaksanakan aktivitasnya.

Kanit Turjawali Samapta, Aiptu Ferdinandus Ador, menjelaskan bahwa tujuan patroli ini adalah meningkatkan kehadiran polisi di tengah masyarakat, mencegah terjadinya kriminalitas, memberikan perlindungan, pengayoman, dan rasa aman serta tentram pada masyarakat. Selain itu, patroli juga diarahkan untuk menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat guna mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat, serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan dilaksanakan dengan menggunakan Randis R4, dengan kekuatan personel sebanyak 8 orang yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Samapta Aiptu Ferdinandus Ador. Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman terkendali, sementara arus lalu lintas berjalan tertib dan lancar.(MBA)