Patroli Dialogis dan Penertiban Lalu Lintas oleh Anggota Samapta Polres Manggarai

Patroli Dialogis dan Penertiban Lalu Lintas oleh Anggota Samapta Polres Manggarai
Patroli Dialogis dan Penertiban Lalu Lintas oleh Anggota Samapta Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 18 Juli 2024 – Pada hari Kamis, pukul 09.00 WITA, Anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan giat patroli dialogis dan sambang dalam kota. Patroli ini bertujuan untuk menyampaikan himbauan serta melakukan penertiban dan pengaturan lalu lintas sepanjang Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.
Sasaran patroli meliputi masyarakat yang berkumpul di depan toko atau kios, di jalan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perempatan, serta para penumpang di beberapa tempat dan arus lalu lintas. Petugas patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, termasuk tukang ojek, sopir angkot, dan pedagang, untuk mengarahkan mereka pindah ke tempat yang telah disediakan oleh pihak Pemda atau pengelola pasar. Selain itu, mereka juga memberikan himbauan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) serta keselamatan dan ketertiban dalam berlalu lintas (Kamseltibcarlantas).
Dalam patroli ini, petugas juga mencari informasi di lingkungan pasar mengenai hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas seperti pencurian dan pencopetan. Patroli ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas.
Adapun tujuan dari patroli ini adalah untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah terjadinya kriminalitas dengan meminimalisir faktor niat dan kesempatan, serta memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakat. Selain itu, patroli juga bertujuan menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi dari masyarakat, serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah masyarakat.
Patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan lalu lintas ini dilaksanakan menggunakan kendaraan R4 Dimax Samapta dengan kekuatan personel sebanyak 6 orang, dipimpin oleh Kanit I Dalmas Samapta Aipda Kadek Suarsana. Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman terkendali serta arus lalu lintas tertib dan lancar.(MBA)