Kapolres Manggarai pimpin Upacara Pelantikan Kabag SDM dan Serah Terima Jabatan Kasat Binmas Polres Manggarai

Kapolres Manggarai pimpin Upacara Pelantikan Kabag SDM dan Serah Terima Jabatan Kasat Binmas Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 22 Desember 2023 - Pada hari Jumat, tanggal 22 Desember 2023, pukul 16.20 WITA, Aula Lantai 2 Mapolres Manggarai menjadi saksi pelantikan jabatan Kabag SDM Polres Manggarai, AKP GUSTI PUTU SABA NUGRAHA. Selain itu, turut dilaksanakan serah terima jabatan Kasat Binmas Polres Manggarai dari pejabat lama, AKP GUSTI PUTU SABA NUGRAHA, kepada pejabat baru, IPTU ROYKE WERIDITY. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Kapolda NTT Nomor KEP/583/XII/2023 tanggal 07 Desember 2023, tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda NTT.

Acara yang dipimpin oleh Kapolres Manggarai, AKBP EDWIN SALEH, S.I.K, M.H, dihadiri oleh Waka Polres Manggarai, KOMPOL KAREL LEOKUNA, S.Kom, M.M, para pejabat utama Polres Manggarai, para perwira, seluruh anggota Polres Manggarai, dan perwakilan Bhayangkari.

Puncak acara pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan yang dilakukan secara agama Kristen Protestan dan agama Hindu. Pendeta GMIT Imanuel Ruteng, SISWATI TABUN SERAN, S.Th, dan Ketua PHDI Kabupaten Manggarai, I GEDE CAYA WIDIANTARA, S.Kim, menjadi saksi dari pengucapan sumpah tersebut. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan Berita Acara pelantikan sebagai tanda sahnya jabatan yang diemban.

Dalam amanatnya, Kapolres Manggarai,  menyampaikan beberapa poin penting:

  1. Serah terima jabatan merupakan bagian dari sistem pembinaan dalam organisasi Polri, yang memiliki peran penting dalam pengembangan dan pembinaan karir personel. Tujuannya adalah untuk memelihara kesinambungan estafet kepemimpinan guna menciptakan suasana yang mendukung pengembangan kreativitas dan peningkatan produktivitas organisasi, serta memperlancar kaderisasi kepemimpinan Polri.
  2. Mengingat adanya pesta demokrasi dan perkembangan dinamika politik menjelang Pemilu 2024, Kapolres mengajak seluruh anggota Polres Manggarai untuk mengantisipasi dan menjaga situasi keamanan.
  3. Kabag SDM diharapkan dapat mengoptimalkan sumber daya manusia, merawat, dan meningkatkan kesejahteraan personel dan PNS Polri, guna menjamin mutu kerja personel Polres Manggarai. Begitu juga dengan tugas Kasat Binmas, yang diharapkan dapat melakukan sambang, penyuluhan, dan tindakan lainnya guna memahami kondisi riil dan situasi di masyarakat Kabupaten Manggarai.

Menutup amanatnya, Kapolres Manggarai mengajak seluruh anggota Polres Manggarai dan Polsek untuk terus menjaga kekompakan, menjalankan komunikasi, serta koordinasi yang baik di lingkungan Polres Manggarai.

Upacara pelantikan dan serah terima jabatan berlangsung dengan lancar dan aman, diakhiri pada pukul 16.50 WITA. Semua peserta upacara berkomitmen untuk melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi guna meningkatkan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.(MBA)