GIAT PATROLI KRYD, PAMTURLALIN, DAN HIMBAUAN KAMSELTIBCAR LANTAS GUNA MENINGKATKAN KEAMANAN BERLALU LINTAS DI KOTA RUTENG

GIAT PATROLI KRYD, PAMTURLALIN, DAN HIMBAUAN KAMSELTIBCAR LANTAS GUNA MENINGKATKAN KEAMANAN BERLALU LINTAS DI KOTA RUTENG

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 08 Agustus 2023 - Dalam upaya untuk meningkatkan keamanan dan kesadaran berlalu lintas di seputaran Kota Ruteng, Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli rutin dengan penerapan KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan), Pamturlalin (Patroli dan Pengaturan Lalu Lintas), serta memberikan himbauan kepada masyarakat pengguna jalan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 08 Agustus 2023, dimulai pukul 20.00 Wita. Personel Satuan Lalu Lintas turut ambil bagian dalam kegiatan ini untuk memastikan jalanan di beberapa titik strategis di Kota Ruteng tetap aman dan lancar.

Lokasi yang menjadi fokus kegiatan ini meliputi beberapa jalan utama di kota ini, termasuk Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi, Jalan Monginsidi, dan Jalan Jend. Ahmad Yani. Patroli dilakukan secara intensif dengan tujuan mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, serta meningkatkan kesadaran pengguna jalan.

Dalam patroli tersebut, petugas memberikan himbauan kamselektibcar kepada para pengendara yang melintas. Berbagai aspek keselamatan berkendara disoroti, seperti larangan mengkonsumsi minuman keras sebelum berkendara, penggunaan helm SNI yang wajib bagi pengendara sepeda motor, penggunaan sabuk pengaman, serta larangan menggunakan ponsel saat berkendara.

Selain itu, pengendara diminta untuk tidak melanggar aturan, seperti melawan arus lalu lintas, melebihi batas kecepatan yang ditetapkan, serta membawa penumpang melebihi kapasitas yang aman. Pengendara sepeda motor juga diingatkan untuk tidak membonceng lebih dari satu penumpang dan agar tidak melibatkan pengendara di bawah umur.

Dalam kegiatan ini, Satuan Lalu Lintas juga menjalankan program Pamturlalin yang mencakup patroli, Pengamanan, pengaturan dan penertiban lalu lintas. Pengendara yang kedapatan melanggar aturan diberikan tindakan tegas sesuai peraturan yang berlaku.

Poin penting lainnya dalam kegiatan ini adalah penindakan terhadap pengendara yang menggunakan knalpot racing yang berisik. Upaya ini diambil untuk menjaga lingkungan sekitar dari polusi suara yang dapat mengganggu kenyamanan warga.

Kasat Lantas Polres Manggarai, AKP Made Hendra Kusumanata, S.I.K., menyampaikan bahwa kegiatan patroli, penertiban, dan himbauan ini merupakan bagian dari komitmen Polres Manggarai untuk menciptakan lalu lintas yang aman dan tertib di Kota Ruteng. Ia mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas guna mencegah terjadinya kecelakaan dan menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih baik.

Dengan dilaksanakannya giat patroli KRYD, Pamturlalin, dan Himbauan Kamseltibcar lantas ini, diharapkan kesadaran berlalu lintas di Kota Ruteng semakin meningkat, serta jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir.(MBA)