Bhabinkamtibmas Polres Manggarai Giat Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, Karkutla, HPR, dan Kenakalan Remaja di Wilayah Hukum Polres Manggarai

Bhabinkamtibmas Polres Manggarai Giat Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, Karkutla, HPR, dan Kenakalan Remaja di Wilayah Hukum Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 13 September 2023 - Aipda Julius Taniu, Bhabinkamtibmas yang bertugas di Kecamatan Langke Rembong, aktif menjalankan tugasnya dalam upaya pencegahan berbagai tindak pidana di wilayahnya. Hari ini, Rabu, 13 September 2023, Aipda Julius Taniu melaksanakan kegiatan sambang dan patroli dialogis di Kampung Watu, Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong. Selama kegiatan ini, beliau berkesempatan bertemu dengan Bapak Yohanes Suman di kebunnya.

Dalam pertemuan tersebut, Aipda Julius Taniu menyampaikan berbagai himbauan terkait dengan masalah keamanan dan ketertiban masyarakat, termasuk pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO), bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Aipda Julius Taniu memberikan himbauan kepada warga setempat mengenai pentingnya menjalin kerjasama dalam upaya pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), yang sayangnya masih marak terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Beliau mengingatkan warga untuk berhati-hati terhadap penyalur jasa tenaga kerja ilegal (PJTKI) yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri, serta tenaga kerja ilegal (TKI) yang ditawarkan dengan iming-iming pekerjaan di luar negeri. Aipda Julius Taniu mendorong warga untuk segera melaporkan temuan-temuan semacam ini kepada pihak berwajib atau Bhabinkamtibmas agar dapat ditindaklanjuti.

Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Selain itu, Aipda Julius Taniu juga mengingatkan warga yang memiliki hewan penular rabies (HPR), seperti monyet, anjing, dan kucing, untuk selalu mengikat atau mengandangkan hewan-hewan tersebut. Beliau menekankan pentingnya memberikan vaksin (VAR) secara berkala kepada HPR agar dapat mencegah masalah gigitan hewan yang dapat menyebabkan penularan penyakit rabies.

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)

Mengingat kondisi saat ini yang memasuki musim kemarau dan beberapa bulan lagi akan memasuki musim hujan, Aipda Julius Taniu juga memberikan himbauan kepada warga agar tidak menggunakan sistem pembakaran saat mengolah lahan pertanian. Hal ini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dapat berdampak negatif pada lingkungan dan kehidupan masyarakat.

Upaya yang dilakukan oleh Aipda Julius Taniu sebagai seorang Bhabinkamtibmas ini adalah bagian dari komitmen Polres Manggarai dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mencegah berbagai tindak pidana yang dapat merugikan warga. Semoga upaya ini dapat memberikan manfaat dan kesadaran kepada seluruh warga di wilayah hukum Polres Manggarai untuk selalu berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama.(MBA)