Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara Gencar Lakukan Sosialisasi dan Himbauan Kamtibmas di Kampung Tebo, Desa Tengkulese

Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara Gencar Lakukan Sosialisasi dan Himbauan Kamtibmas di Kampung Tebo, Desa Tengkulese

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara, Kamis, 07 Desember 2023- Aipda Kornelius Jemarus, seorang Bhabinkamtibmas di Kecamatan Rahong Utara, terus aktif melaksanakan tugasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Pada Kamis, 07 Desember 2023, , Aipda Kornelius Jemarus melaksanakan kegiatan kunjungan di Kampung Tebo, Desa Tengkulese.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan himbauan kamtibmas dan pencegahan terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), kebakaran hutan dan lahan, serta sebagai bentuk persiapan menyambut Pemilihan Umum 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus bertemu dengan Bapak Andreas dan keluarganya. Bapak Andreas memberikan informasi bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO di lingkungan mereka.

Berikut adalah sosialisasi, edukasi, dan himbauan yang disampaikan oleh Aipda Kornelius Jemarus:

A. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Petugas Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau warga untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji yang besar. Beliau menekankan agar warga yang ingin bekerja di luar negeri untuk mengikuti jalur resmi dari pemerintah melalui PJTKI. Warga juga diimbau untuk segera melaporkan jika ada rekrutmen pekerjaan di luar daerah atau negeri yang tidak jelas ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

B. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Petugas Bhabinkamtibmas mengingatkan pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, untuk selalu mengandangkan atau mengikat hewan peliharaannya guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan rabies.

C. Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Warga diimbau untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat juga dihimbau untuk segera melaporkan kepada petugas Bhabinkamtibmas jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

D. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam

Petugas Bhabinkamtibmas mengajak warga untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem seperti hujan dan angin kencang. Selain itu, diimbau untuk tidak membangun rumah di daerah rawan longsor dan menjaga kelestarian alam dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor serta tidak melakukan penggalian pasir dan batu di daerah yang berdekatan dengan rumah atau jalan raya.

E. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai 2024

Petugas Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu dan tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu situasi kamtibmas yang kondusif. Masyarakat diingatkan bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal biasa dalam demokrasi dan diharapkan tidak terjadi intimidasi serta paksaan kepada pihak lain dalam proses pemilihan. Warga juga dihimbau untuk tidak mengganggu proses kampanye dari calon atau pasangan calon lainnya.

Petugas Bhabinkamtibmas mengingatkan masyarakat untuk melaporkan kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika terjadi gangguan kamtibmas. Dengan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan keamanan dan ketertiban dapat terjaga dengan baik.(MBA)