Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng Himbau Warga untuk Cegah TPPO, Antisipasi Penyebaran Rabies terhadap HPR, dan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng Himbau Warga untuk Cegah TPPO, Antisipasi Penyebaran Rabies terhadap HPR, dan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 08 September 2023 - Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Kecamatan Ruteng melakukan kunjungan ke rumah warga sebagai bagian dari upaya rutin dalam memberikan himbauan kamtibmas dan sosialisasi terkait beberapa isu penting kepada masyarakat. Kali ini, Aipda Arkadius M. Arno, Beipka Yoni Tandungan, dan Bripka Fransiskus X. N. Janggur bersama-sama melaksanakan tugas ini.

Pada kunjungan ini, mereka mengunjungi rumah Bapak Ignasius Ranu yang terletak di Desa Mera, Poco Likang, Kecamatan Ruteng. Ada beberapa pesan penting yang disampaikan kepada warga dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat:

1. Tangkal Tindak Pencurian dan Penipuan Terhadap Warga yang Akan Direkrut ke Luar Negeri

Bhabinkamtibmas menghimbau kepada warga untuk selalu waspada terhadap tindak pencurian dan penipuan yang mungkin menimpa warga yang hendak direkrut untuk bekerja di luar negeri. Jika ada informasi atau kecurigaan terkait rekrutmen ini, warga diharapkan segera melaporkannya kepada Bhabinkamtibmas atau kantor Polisi terdekat guna tindakan yang tepat.

2. Antisipasi Penyebaran Rabies terhadap Hewan Peliharaan

Dalam rangka menjaga kesehatan dan keamanan warga, Bhabinkamtibmas juga mengingatkan bahwa jika warga memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau monyet, hewan-hewan tersebut wajib diikat atau dikandangkan. Langkah ini bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit rabies yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan masyarakat.

3. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Selama Musim Kemarau

Mengingat musim kemarau yang panjang yang sedang dialami saat ini, Bhabinkamtibmas mengingatkan warga untuk tidak melakukan pembakaran lahan. Tindakan ini dapat memiliki dampak serius, seperti menyebar ke hutan dan menyebabkan kebakaran hutan. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar tidak membakar lahan dan berhati-hati dalam menggunakan api selama musim kemarau ini.

Bhabinkamtibmas berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga demi menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Ruteng. Mereka juga siap menjawab pertanyaan serta memberikan bantuan dalam hal keamanan dan ketertiban masyarakat. Diharapkan, kerjasama aktif antara warga dan pihak kepolisian akan menjadikan wilayah ini lebih aman dan terkendali.(MBA)