Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng, Bripka Yoni Tandungan, Gencar Sosialisasi TPPO, Antisipasi Penyebaran Rabies Terhadap HPR, dan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng, Bripka Yoni Tandungan, Gencar Sosialisasi TPPO, Antisipasi Penyebaran Rabies Terhadap HPR, dan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 13 September 2023 - Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng, Bripka Yoni Tandungan, menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan gencar dalam menyosialisasikan beberapa isu penting kepada warga. Pada hari Rabu, 13 September 2023, Bripka Yoni Tandungan melaksanakan Patroli Dialogis di sekitar Desa Pong Leko, dengan tujuan untuk memberikan informasi yang sangat berarti bagi keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam patroli dialogisnya, Bripka Yoni Tandungan menyambangi salah satu rumah warga guna menyampaikan beberapa pesan kamtibmas yang menjadi fokus dalam kegiatan sosialisasi tersebut:

1. Antisipasi Penyebaran Rabies Terhadap Hewan Peliharaan (HPR)

Meningkatkan kesadaran warga terhadap bahaya penyebaran Rabies merupakan salah satu tujuan utama dari sosialisasi ini. Bripka Yoni Tandungan menekankan pentingnya mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan monyet. Hal ini bertujuan untuk mencegah potensi penularan penyakit Rabies yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

2. Sosialisasi TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang)

Dalam upaya memberantas perdagangan orang, Bripka Yoni Tandungan mengajak warga untuk bersama-sama menjaga keamanan dan melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor Polisi terdekat jika mengetahui adanya warga yang hendak direkrut untuk bekerja di luar negeri. Tindakan ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari potensi eksploitasi dan perdagangan orang ilegal.

3. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Mengingat kondisi cuaca yang sedang mengalami musim kemarau yang sangat panjang, Bripka Yoni Tandungan juga memberikan informasi penting tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Warga diminta untuk tidak melakukan pembakaran lahan, karena dampaknya dapat merambat ke hutan yang dapat menyebabkan kebakaran hutan yang merugikan banyak pihak. Kesadaran dalam menjaga lingkungan dan hutan menjadi kunci dalam mencegah bencana kebakaran.

Bripka Yoni Tandungan berharap bahwa sosialisasi ini akan meningkatkan pemahaman warga tentang pentingnya keamanan dan keselamatan bersama dalam menjaga lingkungan serta mencegah potensi bahaya yang dapat mengancam masyarakat. Upaya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng ini merupakan bagian dari komitmen Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.(MBA)