Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas di Kantor Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara

Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas di Kantor Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai-Selasa, 8 Oktober 2024 - Petugas Bhabinkamtibmas melaksanakan patroli rutin dan kegiatan sambang di Kantor Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara, yang bertempat di Munggis. Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas menyampaikan beberapa imbauan penting kepada perangkat desa untuk diteruskan kepada warga masyarakat Desa Tengku Lese.

Pada kesempatan ini, petugas memberikan sosialisasi mengenai dua topik utama, yakni pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan persiapan menyambut Pilkada Serentak tahun 2024 yang aman dan damai.

-Pencegahan TPPO

Dalam sosialisasi tersebut, Bhabinkamtibmas mengingatkan warga agar waspada terhadap ajakan bekerja ke luar negeri dengan iming-iming upah besar dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini merupakan langkah preventif agar masyarakat tidak terjerumus dalam praktik perdagangan manusia yang marak terjadi.

-Imbauan Kamtibmas untuk Pilkada Serentak 2024

Menjelang Pilkada serentak, petugas mengajak seluruh warga untuk ikut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Beberapa poin penting yang disampaikan adalah:

  • Menjaga situasi kondusif selama Pilkada berlangsung.
  • Menghindari kampanye hitam, intimidasi, perpecahan, dan praktik politik uang.
  • Berperan aktif menangkal penyebaran berita hoaks serta bijak dalam menggunakan media sosial.
  • Menjauhi taruhan uang dalam proses politik.
  • Menjaga netralitas dan mendukung penyelenggaraan Pilkada yang jujur dan adil.

Selain itu, petugas juga mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian atau aparat desa jika ada kejadian tindak pidana atau perdata, serta menghindari tindakan main hakim sendiri.

Kegiatan patroli dan sambang yang dilaksanakan ini berjalan dengan aman dan lancar, dengan harapan seluruh pesan dan imbauan dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, guna menciptakan lingkungan yang aman dan Pilkada yang damai.(MF)