Satuan Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Perintis Presisi di Kota Ruteng

Satuan Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Perintis Presisi di Kota Ruteng
Satuan Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Perintis Presisi di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 14 Mei 2024 – Pada hari ini, Selasa, 14 Mei 2024, pukul 20.05 WITA, anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan giat Patroli Perintis Presisi, patroli dialogis, dan memberikan himbauan Kamtibmas di malam hari dalam kota Ruteng.
Patroli ini menyasar masyarakat yang masih beraktivitas malam, pemukiman warga di Kelurahan Lawir, Golo Dukal, Mbaumuku, Satar Tacik, Tenda, Pau, serta masyarakat dan para pemuda/i yang nongkrong di Natas Labar Motang Rua kota Ruteng.
Selama patroli, anggota berkomunikasi dialogis dengan masyarakat yang masih beraktivitas malam serta yang nongkrong di jalanan untuk mencari informasi terkait gangguan keamanan. Mereka juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan menghimbau para pemuda yang sedang nongkrong di lapangan Motang Rua agar tidak keluyuran sampai larut malam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di Kota Ruteng, meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat di malam hari. Selain itu, Patroli Perintis Presisi bertujuan meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, mencegah gangguan Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, dan rasa aman serta tentram kepada masyarakat. Patroli ini juga bertujuan menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah masyarakat.
Patroli dilakukan dengan menggunakan dua unit kendaraan roda empat D-max Samapta dengan kekuatan personel Sat Samapta sebanyak 10 orang yang dipimpin oleh Kasat Samapta AKP Orlando Dos Reis Alves. Kegiatan berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 21.15 WITA. Situasi terpantau aman terkendali.
Dengan adanya patroli ini, diharapkan masyarakat Kota Ruteng merasa lebih aman dan terlindungi serta terjalin kerjasama yang baik antara polisi dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.(MBA)