Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Lalu Lintas di Ruteng

Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Lalu Lintas di Ruteng
Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Lalu Lintas di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng - Dalam upaya mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), pada hari Selasa, 25 Juni 2024, pukul 09.00 WITA, anggota Sat. Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis, himbauan kamtibmas, serta pengaturan lalu lintas di beberapa lokasi dalam kota Ruteng.

Patroli tersebut menyasar kerumunan masyarakat yang berkumpul di berbagai tempat, termasuk di pertokoan, pedagang kaki lima, pembeli, tukang ojek, sopir angkot, para penumpang, serta di pertigaan dan perempatan yang menjadi titik arus lalu lintas.

Selama pelaksanaan patroli, petugas berkomunikasi secara dialogis dengan pedagang dan pembeli yang dijumpai, tukang ojek, serta sopir angkot. Petugas memberikan arahan agar memarkir kendaraannya di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah. Selain itu, himbauan tentang kamtibmas dan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) disampaikan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas baik di area pasar, perempatan, maupun tempat lainnya.

Petugas juga mengumpulkan informasi dari para pedagang terkait harga sembako serta hal-hal lain yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Tujuan dari patroli ini adalah untuk meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan aktivitas sehari-hari. Selain itu, patroli ini juga bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, serta memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah masyarakat.

Patroli dialogis, penertiban, dan pengaturan lalu lintas dilakukan dengan berjalan kaki oleh 8 personel yang dipimpin oleh Kanit 2 Dalmas Samapta, Aipda Joost Oliver Muda.

Kegiatan berlangsung dengan baik, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman dan terkendali, serta arus lalu lintas tertib dan lancar.(MBA)