Harkamtibmas: Satuan Samapta Polres Manggarai Lakukan Patroli Rutin di Kota Ruteng

Harkamtibmas: Satuan Samapta Polres Manggarai Lakukan Patroli Rutin di Kota Ruteng
Harkamtibmas: Satuan Samapta Polres Manggarai Lakukan Patroli Rutin di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Kota Ruteng, 17 Januari 2024 - Pada hari Rabu, tanggal 17 Januari 2024, pukul 09.00 WITA, Anggota Satuan Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis dan sambang dalam kota untuk menyampaikan himbauan serta melakukan penertiban dan pengaturan lalu lintas di sepanjang Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Sasaran patroli meliputi masyarakat yang berkumpul di depan toko/kios, jalanan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perampatan, dan para penumpang di beberapa tempat, serta arus lalu lintas secara umum.

Dalam pelaksanaan patroli, anggota Samapta Polres Manggarai menggunakan pendekatan berkomunikasi dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, tukang ojek, sopir angkot, pedagang, untuk meminta agar pindah ke tempat yang telah disediakan oleh Pihak Pemda/pengelola Pasar. Sambil memberikan himbauan tentang Kamtibmas (Keamanan, Ketertiban, dan Ketentraman Masyarakat) dan Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan kelancaran lalu Lintas) guna mengantisipasi gangguan kantibmas dan kemacetan arus lalu lintas, terutama dalam menghadapi Pesta Demokrasi dan Pilpres.

Tujuan dari patroli ini adalah meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah pertemuan faktor niat dan kesempatan yang dapat menyebabkan terjadinya kriminalitas, memberikan perlindungan, pengayoman, rasa aman, serta rasa tentram kepada masyarakat. Selain itu, patroli juga bertujuan menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat, serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan dilaksanakan dengan menggunakan R4 Dimax Samapta Kuat pers 6 orang yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Samapta Aiptu Ferdinandus Ador. Selama kegiatan berlangsung, situasi di dalam kota dan sekitarnya terpantau aman terkendali, serta arus lalu lintas berjalan tertib dan lancar. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitasnya.(MBA)