Pimpin Anev Mingguan Kapolres Manggarai: Kesiapan Mengamankan PSU dan Pasca Pemilu

Pimpin Anev Mingguan Kapolres Manggarai: Kesiapan Mengamankan PSU dan Pasca Pemilu

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng - Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh, S.I.K, M.H, memimpin rapat Anev Mingguan yang diadakan pada Kamis, tanggal 22 Pebruari 2024, pukul 13.00 WITA di Ruang Vicon Polres Manggarai. Rapat ini dihadiri oleh Waka Polres Manggarai Kompol Karel Leokuna, S.Kom, M.M, serta para PJU Polres Manggarai.

Dalam rapat tersebut, Kapolres Manggarai menyampaikan beberapa arahan dan penekanan yang menjadi fokus:

  1. Pengamanan PSU: Terkait dengan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 24 Pebruari 2024, di 9 Tempat Pemungutan Suara (TPS), telah dilakukan rapat koordinasi dengan Forkompimda dan Panitia Penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu). Bagian Operasional (Bagops) diminta untuk menyiapkan personel pengamanan dengan pola 10 Personil Polri mengamankan 1 TPS. Selain itu, Satuan Intelijen Kriminal (Intelkam) diminta untuk melakukan mapping dan profiling terhadap potensi kerawanan serta kelompok yang rentan menimbulkan konflik. Bhabinkamtibmas diminta untuk melakukan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga situasi tetap kondusif dan mendukung pelaksanaan PSU yang aman, tertib, dan damai.
  2. Kesiapan Pasca Pemilu: Menjelang PSU dan setelah Pemilu, fungsi operasional seperti Lalu Lintas (Lantas) dan Samapta diminta untuk melaksanakan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) melalui patroli untuk menjamin situasi yang aman dan kondusif.
  3. Patroli Gabungan: Untuk menjaga situasi kondusif, diinstruksikan agar dilakukan apel dan patroli gabungan dengan melibatkan unsur TNI dan Brimob, dengan sasaran TPS yang melaksanakan PSU sebagai bagian dari upaya Show of Force.
  4. Pengamanan Lokasi Strategis: Bagops diminta untuk menempatkan personel pengamanan di kantor KPU, Bawaslu, dan gudang logistik KPU Kabupaten Manggarai pasca PSU.
  5. Pengawasan Data: Para PJU diminta untuk mengawasi operator masing-masing dalam penginputan data dalam aplikasi EWS, Beyond Trust, DORS, dan ABK. Bagian, Satuan, dan Seksi diminta untuk konsisten melakukan penyerapan anggaran sesuai rencana yang telah dibuat secara rutin setiap bulan.
  6. Doa Bersama: Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) diminta untuk merencanakan pelaksanaan doa bersama masing-masing agama sebagai bentuk dukungan bagi rekan-rekan yang mengikuti seleksi SIP, dengan harapan mereka dapat meraih hasil yang maksimal.

Rapat Anev Mingguan di Polres Manggarai tidak hanya berfungsi sebagai forum evaluasi, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun komunikasi dan koordinasi yang lebih baik di antara personel. Dengan semangat sinergi, Polres Manggarai berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dan menjaga keamanan di wilayah hukumnya. Evaluasi kinerja yang dilakukan diharapkan dapat menjadi landasan untuk peningkatan operasional dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Semoga dalam pelaksanaan tugas, semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dan semoga kegiatan pengamanan PSU ini bisa berlangsung dengan aman dan tertib.(MBA)