Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai: Jaga Keamanan dan Ketertiban di Kota Ruteng

Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai: Jaga Keamanan dan Ketertiban di Kota Ruteng
Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai: Jaga Keamanan dan Ketertiban di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 12 Mei 2024 - Pukul 10.00 WITA, anggota Satuan Samapta Polres Manggarai aktif melaksanakan giat Patroli Dialogis sekaligus pengaturan Arus Lalu Lintas (Lalin) di berbagai titik strategis di Kota Ruteng. Dalam operasi tersebut, patroli menyasar kerumunan orang di terminal, sopir angkot, tukang ojek, serta mengawasi arus lalu lintas di dalam kota.

Petugas yang terlibat melakukan komunikasi dialogis dengan masyarakat yang berkumpul, menyampaikan pesan-pesan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Mereka memberikan himbauan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak pidana seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan. Himbauan juga disampaikan kepada sopir dan tukang ojek agar mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan penumpang.

Tidak hanya itu, anggota patroli juga berdialog dengan masyarakat dari luar kota untuk mencari informasi tentang potensi gangguan kamtibmas. Mereka memberikan himbauan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak mudah terprovokasi oleh isu atau informasi yang tidak benar serta hoax, demi menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Kegiatan patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah terjadinya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, serta memberikan rasa aman, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari.

Dengan adanya patroli ini, diharapkan masyarakat dapat merasa aman dan senang dengan kehadiran polisi yang berseragam, serta terciptanya lingkungan yang lebih kondusif dan aman dari potensi gangguan kamtibmas. Patroli dialogis ini menjadi bukti komitmen Polres Manggarai dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya.(MBA)