Operasi Mantap Brata: Patroli Dialogis Sat. Samapta Polres Manggarai Tingkatkan Keamanan Jelang Pemilu

Operasi Mantap Brata: Patroli Dialogis Sat. Samapta Polres Manggarai Tingkatkan Keamanan Jelang Pemilu

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 25 November 2023 - Pada hari ini, Sabtu, 25 November 2023, pukul 10.00 WITA, anggota Satuan Samapta (Samapta) Polres Manggarai melaksanakan Operasi Mantap Brata dengan melakukan patroli dialogis dan sambang dalam kota. Giat ini bertujuan untuk menyampaikan himbauan kamtibmas menjelang Pemilu serta melakukan penertiban dan pengaturan lalu lintas di sepanjang Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Anggota Samapta Polres Manggarai terlibat dalam kegiatan patroli dialogis ini, berinteraksi dengan masyarakat yang berkumpul di depan toko/kios, di jalan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perampatan, dan para penumpang di beberapa tempat serta arus lalu lintas.

Petugas patroli secara dialogis berkomunikasi dengan warga, tukang ojek, sopir angkot, pedagang, untuk meminta agar pindah ke tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah/pengelola pasar. Sambil memberikan himbauan tentang kamtibmas dan keselamatan berlalu lintas, tindakan ini diambil sebagai langkah antisipasi terhadap potensi gangguan kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas, baik di area pasar maupun tempat lainnya dalam dan luar kota.

Operasi patroli ini merupakan komitmen Polres Manggarai dalam meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitasnya. Dengan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat mencegah terjadinya kriminalitas dengan mencegah faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kejahatan.

Selain itu, kegiatan patroli dialogis dan sambang ini juga dimaksudkan untuk menjaga situasi kamtibmas menghadapi Pesta Demokrasi dan Pilpres, serta mendapatkan informasi tentang potensi gangguan kamtibmas seperti pencurian dan pencopetan di sekitar pasar.

Patroli dilakukan dengan menggunakan R4 Dimax Samapta Kuat pers 6 orang yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Samapta, Aiptu Ferdinandus Ador. Dengan langkah-langkah ini, Polres Manggarai berupaya menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat, menghimpun informasi dan partisipasi masyarakat, serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.(MBA)