Bhabinkamtibmas dan Lurah Satar Tacik Galakkan Patroli Kamtibmas serta Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, Karkutla, HPR, dan Kenakalan Remaja

Bhabinkamtibmas dan Lurah Satar Tacik Galakkan Patroli Kamtibmas serta Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, Karkutla, HPR, dan Kenakalan Remaja

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 27 November 2023 - Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, Bripka M. Alif Jafrin, bersama Lurah Satar Tacik, melaksanakan kegiatan patroli di sekitaran wilayah Kelurahan Satar Tacik pada hari Senin, 27 November 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi tindak kriminal serta mensosialisasikan beberapa hal penting terkait Kamtibmas.

Dalam patroli tersebut, Bhabinkamtibmas dan Lurah Satar Tacik turut menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan mereka. Giat ini merupakan upaya untuk mewujudkan konsep Pemolisian Masyarakat (POLMAS), di mana masyarakat aktif berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Beberapa poin yang disampaikan oleh petugas Bhabinkamtibmas selama patroli antara lain:

  1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas memberikan himbauan serta menjalin kerjasama dengan warga setempat terkait atensi khusus dari Kapolda NTT dalam rangka pencegahan TPPO. Masyarakat diingatkan untuk waspada terhadap modus penyaluran jasa tenaga kerja ilegal yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri. Bila ditemukan kegiatan mencurigakan, diharapkan segera melaporkan kepada pihak berwajib atau kepada petugas Bhabinkamtibmas.
  2. Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Petugas mengingatkan warga yang memelihara Hewan Penyebar Rabies (HPR) seperti monyet, anjing, dan kucing untuk selalu mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka. Selain itu, vaksinasi secara berkala juga diimbau agar dilakukan guna mencegah penularan penyakit rabies yang dapat berdampak pada kesehatan diri sendiri maupun orang lain.
  3. Kebakaran Hutan dan Lahan: Mengingat masuknya musim kemarau dan mendekati musim tanam, Bhabinkamtibmas mengimbau kepada warga agar tidak menggunakan sistem pembakaran dalam pengolahan lahan pertanian. Tindakan tersebut dapat memicu kebakaran hutan dan lahan, yang dapat membahayakan lingkungan sekitar.

Kegiatan patroli dan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi risiko kejahatan dan bahaya lingkungan. Selain itu, petugas Bhabinkamtibmas juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan demi terwujudnya pemilu damai di wilayah hukum Polres Manggarai.(MBA)