Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Kecamatan Ruteng Sosialisasikan Pemilu Damai Dan Pencegahan TPPO, Karhutla, Serta Bahaya HPR Di Desa Beo Rahong

Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Kecamatan Ruteng Sosialisasikan Pemilu Damai Dan Pencegahan TPPO, Karhutla, Serta Bahaya HPR Di Desa Beo Rahong

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 18 November 2023 - Pada hari Sabtu ini, Aipda Arkadius Modestus Arno, Bhabinkamtibmas di Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, bersama Babinsa Koptu Neri Dani, melaksanakan patroli dan sambang di Desa Beo Rahong Kecamatan Ruteng. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, membagikan informasi terkait Pemilu Damai, serta melakukan sosialisasi pencegahan TPPO, Karhutla, dan bahaya Hewan Penyebar Rabies (HPR).

Dalam kegiatan sambang ke warga Desa Beo Rahong, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Ruteng Koptu Neri Dani mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas. Mereka juga menggali informasi mengenai potensi kerawanan yang mungkin terjadi menjelang Pemilu 2024, dengan harapan dapat dilakukan upaya preventif.

Pada kesempatan ini, Bhabinkamtibmas menyampaikan beberapa hal penting kepada warga, antara lain:

1. Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan TPPO: Petugas Bhabin menghimbau agar warga tidak tergiur untuk bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Masyarakat diingatkan untuk mengikuti jalur resmi melalui PJTKI apabila ingin bekerja di luar negeri. Jika ada rekrutmen pekerjaan di luar daerah/negara, diharapkan segera menginformasikannya kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

2. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan HPR: Bhabinkamtibmas mengajak pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing untuk mengandangkan atau mengikat hewan tersebut. Langkah ini diambil untuk mencegah bahaya gigitan anjing rabies pada manusia, sehingga keselamatan masyarakat dapat terjamin.

3. Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Karhutla: Warga diminta untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar guna mencegah kebakaran hutan dan lahan. Bhabinkamtibmas mengajak seluruh masyarakat untuk melaporkan ke petugas Bhabin apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Dengan kegiatan ini, diharapkan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, serta mencegah potensi kerawanan menjelang Pemilu 2024. Semua upaya preventif ini menjadi langkah bersama untuk menciptakan situasi yang aman, damai, dan kondusif.(MBA)