Bhabinkamtibmas BRIPKA Selestinus Soro Sosialisasikan Kamtibmas dan Keselamatan di Wae Ri’i

Bhabinkamtibmas BRIPKA Selestinus Soro Sosialisasikan Kamtibmas dan Keselamatan di Wae Ri’i

Tribratanewsmanggarai.com-

Wae Ri’I, 12 Oktober 2023 - BRIPKA Selestinus Soro sebagai Bhabinkamtibmas di Kecamatan Wae Ri, NTT, melaksanakan kegiatan sambang dan diskusi dengan masyarakat pada hari Kamis, 12 Oktober 2023. Kegiatan ini berlangsung di Kampung Kaweng, Desa Persiapan Compang Kaweng, Kecamatan Wae Ri.

Selama kegiatan tersebut, BRIPKA SELESTINUS SORO menyampaikan sejumlah pesan-pesan kamtibmas yang penting bagi masyarakat setempat:

1. Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

BRIPKA SELESTINUS SORO memberikan himbauan dan menjalin kerjasama dengan warga setempat terkait Atensi Khusus Kapolda NTT dalam rangka pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). TPPO menjadi masalah yang marak terjadi di wilayah NTT, dan petugas Bhabinkamtibmas menghimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan atau memberikan informasi kepada pihak yang berwajib atau kepada petugas Bhabinkamtibmas jika menemukan Penyalur Jasa Tenaga Kerja Ilegal (PJTKI) yang menawarkan pekerjaan ke luar negeri, serta Tenaga Kerja Ilegal (TKI) yang akan bekerja di luar negeri.

2. Sosialisasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Selama diskusi, BRIPKA SELESTINUS SORO juga mengingatkan warga yang memelihara Hewan Penyebar Rabies (HPR) seperti monyet, anjing, dan kucing untuk selalu mengikat atau mengkandangkan hewan-hewan tersebut. Selain itu, ia menyarankan agar memberikan Vaksin Rabies (VAR) secara berkala untuk mencegah gigitan hewan penular rabies, yang dapat menimbulkan masalah dan bahkan korban baik pada diri sendiri maupun orang lain.

3. Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Dalam menghadapi musim kemarau dan memasuki musim tanam, BRIPKA SELESTINUS SORO mengingatkan warga tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan. Petugas Bhabinkamtibmas ini menghimbau kepada warga untuk tidak menggunakan sistem pembakaran dalam pengolahan lahan pertanian, karena hal ini dapat memicu terjadinya kebakaran hutan yang merugikan lingkungan dan masyarakat setempat.

Melalui kegiatan sambang dan diskusi ini, BRIPKA SELESTINUS SORO berupaya memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan, keselamatan, dan lingkungan di wilayah mereka. Semoga pesan-pesan kamtibmas yang disampaikan dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di Kecamatan Wae Ri, NTT.(MBA)