Patroli Perintis Presisi Sat. Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng

Patroli Perintis Presisi Sat. Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng
Patroli Perintis Presisi Sat. Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng
Patroli Perintis Presisi Sat. Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Manggarai – Dalam rangka menjaga stabilitas Kamtibmas, pada Selasa, 6 Agustus 2024, pukul 19.30 WITA, Satuan Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan Patroli Perintis Presisi di Kota Ruteng. Kegiatan ini termasuk patroli dialogis dan penyampaian himbauan Kamtibmas kepada masyarakat pada malam hari.

Patroli ini menyasar beberapa daerah yang menjadi atensi pimpinan, seperti wilayah rawan pencurian dan pemukiman warga, termasuk Patroli Mako, Kelurahan Lawir, Leda, Pau, Tenda, Satar Tacik, dan Kelurahan Mbaumuku. Selain itu, petugas juga berfokus pada pengemudi kendaraan bermotor dan masyarakat pemuda yang masih beraktivitas malam, seperti mereka yang menyalakan api untuk menghangatkan badan di kampung Wae Buka.

Dalam patroli tersebut, petugas berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang masih beraktivitas untuk mendapatkan informasi terkait gangguan keamanan. Mereka juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, seperti himbauan kepada pengguna sepeda motor untuk tidak berkendara dengan ugal-ugalan pada malam hari, dan segera mengganti knalpot brong/racing dengan knalpot standar agar tidak mengganggu ketenangan masyarakat. Selain itu, pemuda yang berkumpul di jalan dihimbau untuk tidak mengonsumsi minuman keras berlebihan, tidak minum di tempat umum, dan tidak berkeliaran hingga larut malam demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta menciptakan situasi yang kondusif.

Kegiatan patroli ini bertujuan untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di Kota Ruteng, meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat pada malam hari. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah kriminalitas, serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi.

Patroli ini dilaksanakan dengan menggunakan 1 unit Randis R4 Dimex, dengan kekuatan personel sebanyak 8 orang yang dipimpin oleh Kanit II Dalmas Aipda Joost O.R. Mueda. Kegiatan berjalan lancar dengan situasi yang aman terkendali.(MBA)