Patroli KRYD, PAMTURLALIN, dan Himbauan KAMSELTIBCAR Lantas di Kota Ruteng

Patroli KRYD, PAMTURLALIN, dan Himbauan KAMSELTIBCAR Lantas di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 19 September 2023 - Pada hari Selasa, 19 September 2023, pukul 20.40 Wita, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Manggarai melaksanakan patroli rutin dengan operasi KRYD (Kendaraan Roda Dua) serta melakukan PAMTURLALIN (Pengaturan, Pengamanan, dan Penjagaan Lalu Lintas) dan Himbauan KAMSELTIBCAR LANTAS (Keselamatan dan Ketertiban Berlalu Lintas) di seputaran Kota Ruteng. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan serta pelanggaran lalu lintas di wilayah tersebut.

Tim patroli yang terdiri dari 3 personil Sat Lantas diterjunkan ke beberapa lokasi strategis di Kota Ruteng, antara lain Jalan Bhayangkara, Jalan Slamet Ryadi, dan Jalan Katedral Ruteng. Sasaran dari operasi ini adalah pengendara kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4), serta penumpang kendaraan bermotor, serta masyarakat yang beraktifitas di sekitar wilayah tersebut.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam antara lain:

  1. Himbauan Keselamatan Berlalu Lintas: Tim patroli memberikan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas, seperti menghindari mengkonsumsi minuman keras saat mengendarai kendaraan bermotor, menegur pengendara yang parkir di badan jalan, menghindari penggunaan handphone saat berkendara, selalu menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) saat berkendara, tidak melawan arus, dan mengingatkan pengendara roda motor untuk tidak melebihi batas kecepatan.
  2. PAMTURLALIN: Tim patroli juga melaksanakan PAMTURLALIN untuk memastikan lalu lintas berjalan aman, lancar, dan terkendali di wilayah tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan potensi kecelakaan lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Manggarai, AKP Made Hendra Kusumanata, S.I.K., mengungkapkan bahwa kegiatan patroli ini adalah bagian dari upaya kepolisian untuk menjaga ketertiban berlalu lintas dan keselamatan masyarakat di Kota Ruteng. Ia juga mengajak seluruh pengguna jalan untuk patuh terhadap aturan lalu lintas demi mewujudkan keamanan dan keselamatan berlalu lintas yang lebih baik.

Dengan pelaksanaan patroli KRYD, PAMTURLALIN, dan Himbauan KAMSELTIBCAR Lantas ini, diharapkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di Kota Ruteng dapat diminimalkan, serta kesadaran berlalu lintas masyarakat semakin meningkat.(MBA)