Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas di Hotel dan Penginapan, Cegah TPPO dan Menjaga Situasi Aman Jelang PILKADA 2024

Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas di Hotel dan Penginapan, Cegah TPPO dan Menjaga Situasi Aman Jelang PILKADA 2024

Tribratanewsmanggarai.com-

Reok, Manggarai - Pada hari Selasa, 11 Juni 2024, pukul 09.00 WITA, Bhabinkamtibmas Aipda Syamsul Rizal melaksanakan kegiatan patroli dan sambang di sejumlah tempat usaha penginapan di wilayah Kota Reok, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai. Sasaran dari patroli dan sambang kali ini adalah:

  1. Hotel Paradiso, di Lingkungan Tanah Putih, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.
  2. Homestay Iffah, di Lingkungan Tengkuromot, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.
  3. Reo Family Homestay, di Lingkungan Raca, Kelurahan Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.
  4. Hotel Khalifah, di Lingkungan Nanga, Kelurahan Reo, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.

Dalam kegiatan tersebut, Aipda Syamsul Rizal bertemu langsung dengan pemilik penginapan maupun penjaga yang bertugas. Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Reok Polres Manggarai menjelang PILKADA Tahun 2024 dan selama masa tahapan PILKADA guna menyukseskan PILKADA DAMAI 2024.

Selama patroli, Bhabinkamtibmas melakukan tukar informasi dengan pemilik dan penjaga penginapan serta memberikan beberapa himbauan penting. Beberapa poin penting yang disampaikan oleh Aipda Syamsul Rizal antara lain:

  • Pentingnya mendata setiap tamu yang datang dengan mencatat identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk meminimalisir potensi tindak pidana atau kejahatan yang dapat mengganggu situasi kamtibmas di wilayah tersebut. Langkah ini juga bertujuan mencegah tindak pidana perdagangan orang (TPPO), aktivitas para pelaku pencurian, dan lainnya.
  • Pemilik dan penjaga penginapan diimbau untuk segera menginformasikan kepada petugas Bhabinkamtibmas atau petugas piket di Polsek Reok jika ada tamu yang mencurigakan sebagai pelaku kejahatan.
  • Petugas Bhabinkamtibmas mengajak pemilik penginapan untuk turut serta menyukseskan tahapan PILKADA DAMAI 2024 hingga selesai.

Respon dari pemilik dan penjaga penginapan sangat positif. Mereka menerima dengan baik kehadiran petugas dan berjanji akan menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka. Mereka juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan nomor handphone yang diberikan oleh petugas Bhabinkamtibmas, yang dapat dihubungi jika diperlukan.

Kegiatan patroli dan sambang ini diharapkan dapat menciptakan suasana yang lebih aman dan kondusif menjelang PILKADA 2024 serta memperkuat kerjasama antara polisi dan masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.(MBA)