Patroli dan Sambang Kapospol/Kanit Binpolmas, Sat. Binmas Polres Manggarai di Rahong Utara

Patroli dan  Sambang Kapospol/Kanit Binpolmas, Sat. Binmas Polres Manggarai di Rahong Utara

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara, 16 Januari 2024 - Pukul 10.00 WITA, Aipda Fransiskus S Maja, Kanit Binpolmas/Kapospol Kecamatan Rahong Utara, Polres Manggarai, melaksanakan kegiatan sambang atau patroli dialogis di Dusun Wangko. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dan mengumpulkan berbagai informasi terkait situasi Kamtibmas di wilayah tersebut.

Bertempat di salah satu rumah warga, yaitu rumah Saudara Kondik Mahan, Aipda Fransiskus S Maja menyampaikan beberapa himbauan penting kepada masyarakat sekitar. Dalam dialog tersebut, Kapospol/Kanit Binpolmas mengingatkan masyarakat Rahong Utara terkait masuknya masa kampanye Pemilu serentak 2024.

Pada kesempatan tersebut, Aipda Fransiskus S Maja menekankan pentingnya peran masyarakat dalam melawan berita palsu atau informasi hoaks serta ujaran kebencian. Masyarakat dihimbau untuk segera melaporkan temuan tersebut kepada Panwaslucam atau anggota kepolisian yang bertugas di wilayah Kecamatan Rahong Utara.

"Dalam suasana Pemilu, kita perlu bersama-sama menciptakan demokrasi yang damai dengan penuh toleransi. Mari hargai perbedaan dan jadikan pesta demokrasi ini sebagai momentum untuk menciptakan situasi yang aman, damai, dan tentram," ucap Aipda Fransiskus S Maja.

Selain itu, Kapospol/Kanit Binpolmas Polres Manggarai juga memberikan peringatan terkait modus operandi tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang kerap mengincar masyarakat di desa. Masyarakat diminta untuk waspada terhadap oknum atau kelompok yang datang berkunjung ke rumah warga dengan ajakan untuk bekerja di luar negeri. Jika menemui hal tersebut, segera laporkan kepada pemerintah Desa atau petugas kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kegiatan sambang dan patroli dialogis ini diharapkan dapat meningkatkan kemitraan antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Rahong Utara.(MBA)