Musrenbangdes Desa Bajak Tahun 2024: Bhabinkamtibmas Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Edukasi

Musrenbangdes Desa Bajak Tahun 2024: Bhabinkamtibmas Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Edukasi

Tribratanewsmanggarai.com-

Kantor Sementara Desa Bajak, Kec. Reok, Kab. Manggarai - Kamis, 21 Desember 2023

Pada hari ini, Kamis 21 Desember 2023, pukul 09.00 WITA, Aipda Yustianus Gorang, Bhabinkamtibmas Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, turut serta dalam Musyawara Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tingkat Desa Bajak untuk tahun anggaran 2024. Acara ini berlangsung di kantor sementara Desa Bajak.

Hadir dalam kesempatan ini sejumlah tokoh masyarakat, termasuk Pj. Kepala Desa Bajak, Fransiskus Loso, Ketua BPD Desa Bajak, Karolina Tuti, Babinsa, pendamping desa, kepala Pustu Bajak, kordinator PAUD, ketua Bumdes, para kepala dusun, Rt, Rw, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh muda, dan tokoh perempuan, dengan total lebih dari 50 orang yang hadir.

Giat Musrenbangdes ini bertujuan untuk menentukan usulan prioritas pembangunan masyarakat yang telah diusulkan melalui Musyawara Dusun (Musdus) terkait kebutuhan pembangunan masyarakat untuk tahun anggaran 2024. Hasil dari musyawarah ini akan diteruskan atau disampaikan dalam giat Musrenbang tingkat kecamatan Reok.

Dalam kesempatan ini, Aipda Yustianus Gorang menyampaikan beberapa pesan kamtibmas dan edukasi kepada masyarakat Desa Bajak.

Pesan Kamtibmas dan Edukasi dari Bhabinkamtibmas :

a) Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Bhabin mengajak dan menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Ia menekankan agar warga yang ingin bekerja di luar negeri mengikuti jalur resmi pemerintah melalui PJTKI. Jika ada rekrutmen di luar daerah, masyarakat diharapkan segera menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat untuk mencegah terjadinya TPPO.

b) Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Bhabin mengingatkan pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, untuk menjaga agar hewan-hewan tersebut dikandangkan atau diikat untuk mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan rabies.

c) Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam

Petugas Bhabin mengajak masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk, seperti hujan dan angin kencang. Ia juga menyarankan agar tidak membangun rumah di daerah yang rawan longsor. Bhabin mengingatkan agar bersama-sama menjaga alam, termasuk dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor dan menghindari penggalian pasir dan batu di daerah yang berdekatan dengan rumah atau jalan raya.

d) Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai

Bhabin mengajak masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu. Ia memberikan edukasi bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal biasa dan dilindungi oleh undang-undang. Bhabin juga menekankan agar tidak ada intimidasi dan paksaan dalam proses pemilihan serta mengajak agar perbedaan pilihan politik tidak dijadikan dasar untuk saling memusuhi, tetapi harus menjunjung tinggi asas kebebasan memilih.

Dengan partisipasi aktif Bhabin dalam Musrenbangdes, diharapkan pesan kamtibmas dan edukasi yang disampaikan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Desa Bajak dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.(MBA)