Kanit Binpolmas Sat. Binmas Polres Manggarai Gelar Sambang Pencegahan TPPO dan Himbauan Kamtibmas Pilkada Damai 2024

Kanit Binpolmas Sat. Binmas Polres Manggarai Gelar Sambang Pencegahan TPPO dan Himbauan Kamtibmas Pilkada Damai 2024

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara, 30 Agustus 2024 - Kanit Binpolmas Polres Manggarai, Aipda Fransiskus S. Maja, , menggelar kegiatan sambang ke rumah warga di Dusun Tahang, Kecamatan Rahong Utara pada Jumat pagi ini. Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WITA tersebut berlangsung hingga selesai dengan fokus pada pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), himbauan Kamtibmas untuk Pilkada Damai 2024, serta edukasi terkait bahaya Hewan Penular Rabies (HPR).

Dalam kegiatan tersebut, Aipda Fransiskus menyampaikan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama tahapan Pilkada 2024. Ia mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menciptakan suasana yang aman dan kondusif, menghindari kampanye hitam, intimidasi, perpecahan, serta politik uang. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya menangkal penyebaran isu-isu hoaks dan bijak dalam bermedia sosial.

"Kita semua harus mendukung penyelenggara Pilkada dalam melaksanakan tugasnya, serta meningkatkan soliditas dan sinergitas antara TNI, Polri, dan Pemerintah demi menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di tengah masyarakat," tegas Aipda Fransiskus.

Selain itu, dalam upaya mencegah TPPO, Aipda Fransiskus mengingatkan warga untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal. Ia menekankan pentingnya mengikuti mekanisme resmi yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui PJTKI. Warga juga diimbau untuk melaporkan kepada pemerintah desa atau petugas polisi apabila mengetahui adanya kelompok atau individu yang melakukan perekrutan tenaga kerja secara ilegal.

Kegiatan ini juga mencakup sosialisasi dan edukasi mengenai bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR). Warga diminta untuk segera melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Selain itu, mereka diimbau untuk mengandangkan atau merantai hewan peliharaan, serta segera memusnahkan hewan yang menunjukkan gejala rabies.

Di akhir kegiatan, Aipda Fransiskus mengajak warga untuk bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif di lingkungan tempat tinggal mereka. Warga juga diminta untuk segera menghubungi polisi jika ada permasalahan yang membutuhkan kehadiran aparat kepolisian.

Kegiatan ini disambut baik oleh warga Dusun Tahang yang turut berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada 2024.(MBA)