Bripka Theodorus Angkat Bhabinkamtibmas Kec. Satar Mese, Kab. Manggarai, Melakukan Patroli dan Sambang di lingkungan Ndajang, Desa Lungar.

Bripka Theodorus Angkat Bhabinkamtibmas Kec. Satar Mese, Kab. Manggarai, Melakukan Patroli dan Sambang di lingkungan Ndajang, Desa Lungar.

Tribratanewsmanggarai.com-

Senin, 06 November 2023 - Bhabinkamtibmas Kecamatan Satar Mese, Bripka Theodorus, melaksanakan patroli rutin dan sambang ke warga setempat. Dalam kesempatan ini, beliau mengunjungi warga yang sedang melaksanakan pembersihan lahan untuk penanaman baru di lingkungan Ndajang, Desa Lungar.

Selama pertemuan dengan warga, Bripka Theodorus menyampaikan pesan-pesan penting terkait Kamtibmas, terutama menjelang Pemilu yang hanya tinggal 3 bulan lagi. Beliau menekankan kepada warga agar tidak saling menjelekan atau menghina orang, kelompok, atau pasangan calon yang berbeda pilihan. Bripka Theodorus mengingatkan bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar dalam demokrasi, dan siapapun yang terpilih nantinya akan menjadi pemimpin bagi semua orang, bukan hanya untuk satu kelompok atau golongan tertentu. Jika ada permasalahan atau pelanggaran terkait Pemilu, warga diharapkan segera melaporkannya kepada petugas untuk ditindaklanjuti oleh pihak berwenang.

Selain pesan-pesan terkait Pemilu, Bripka Theodorus juga secara rutin memberikan sosialisasi terkait beberapa hal penting kepada warga sekitar:

  1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas memberikan himbauan dan menjalin kerjasama dengan warga terkait Atensi Khusus Kapolda NTT dalam rangka pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), yang telah menjadi masalah yang cukup marak di wilayah NTT. Bripka Theodorus mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan jika menemui penyalur jasa tenaga kerja ilegal (PJTKI) yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri, serta tenaga kerja ilegal (TKI) yang hendak pergi ke luar negeri, agar langkah-langkah penindakan bisa diambil.
  2. Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Bripka Theodorus mengingatkan kepada warga yang memiliki hewan penyebar rabies (HPR) seperti monyet, anjing, dan kucing untuk selalu mengikat atau mengkandangkannya. Beliau juga menekankan pentingnya memberikan vaksin (VAR) secara berkala kepada hewan tersebut, agar tidak menimbulkan masalah atau korban baik bagi pemiliknya maupun orang lain.
  3. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Mengingat bahwa saat ini wilayah ini sedang memasuki musim kemarau dan beberapa bulan lagi akan memasuki musim tanam, Bripka Theodorus mengingatkan kepada warga agar tidak menggunakan sistem pembakaran saat mengolah lahan pertanian. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang bisa merugikan banyak pihak.

Bhabinkamtibmas Bripka Theodorus berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan dan sosialisasi kepada warga setempat guna menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai.(MBA)