Bhabinkamtibmas Kec. Rahong Utara Sosialisasi Pencegahan TPPO, HPR, dan Kenakalan Remaja di Desa Buar

Bhabinkamtibmas Kec. Rahong Utara Sosialisasi Pencegahan TPPO, HPR, dan Kenakalan Remaja di Desa Buar

Tribratanewsmanggarai.com-

Desa Buar, 16 Juli 2024 - Aipda Kornelius Jemarus, Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan kegiatan sambang dan sosialisasi pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Hewan Penular Rabies (HPR), serta kenakalan remaja di Kantor Desa Buar, Purang, pada hari ini Selasa, 16 Juli 2024, pukul 09.30 WITA.

Dalam kegiatan tersebut, Aipda Kornelius bertemu dengan Kepala Desa Buar, Bapak Marsel Ebok, Sekretaris Desa, Bapak Yones, dan staf desa lainnya. Kepala Desa Marsel Ebok menginformasikan bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO di desa tersebut.

Pada kesempatan itu, Aipda Kornelius berkoordinasi dan menyampaikan edukasi serta himbauan Kamtibmas sebagai berikut:

A. Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan TPPO Aipda Kornelius mengajak jajaran Pemdes Buar untuk menghimbau masyarakat agar tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Beliau menekankan pentingnya mengikuti jalur resmi pemerintah melalui PJTKI jika ingin bekerja di luar negeri. Selain itu, warga diharapkan segera menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika ada yang ingin direkrut untuk bekerja di luar daerah/negeri guna mencegah TPPO.

B. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) Aipda Kornelius menghimbau agar warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing wajib dikandangkan atau diikat agar tidak menggigit manusia, sebagai upaya pencegahan adanya korban gigitan anjing rabies.

C. Himbauan Kamtibmas Aipda Kornelius mengajak Kepala Desa, Sekdes, dan staf Desa Buar untuk melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat apabila terjadi gangguan Kamtibmas serta menghindari tindakan main hakim sendiri.

D. Koordinasi Menjaga Sitkamtibmas Selama Tahapan Pilkada 2024 Beliau juga menekankan pentingnya saling berkoordinasi untuk menjaga situasi Kamtibmas selama memasuki tahapan Pilkada 2024.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Buar terhadap pentingnya pencegahan TPPO, bahaya HPR, serta kenakalan remaja, sehingga tercipta lingkungan yang aman dan kondusif.(MBA)