Bhabinkamtibmas dan Babinsa Lakukan Sosialisasi Pencegahan TPPO dan HPR, serta Himbauan Pilkada Damai 2024 di Desa Dimpong

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Lakukan Sosialisasi Pencegahan TPPO dan HPR, serta Himbauan Pilkada Damai 2024 di Desa Dimpong

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 27 September 2024 - Aipda Kornelius Jemarus, selaku Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, bersama dengan Babinsa Kopda Frans Tahe, menggelar kegiatan sambang sekaligus menghadiri musyawarah RKPDes tahun anggaran 2025 di Kantor Desa Dimpong. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Dimpong, Yohanes Nggaul, S.Pd, yang turut menyampaikan laporan terkait program yang sudah berjalan pada tahun anggaran 2024. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WITA.

Rapat RKPDes yang dipimpin oleh Ketua BPD, Febri Jehaut, dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, perangkat desa, serta berbagai pemangku kepentingan lainnya, antara lain:

  1. Kepala Desa Dimpong Yohanes Nggaul, S.Pd beserta staf
  2. PDTI Bpk Yudi dan PLD Bpk Vinsen serta Bpk Konstan
  3. Tokoh adat Bpk Pius Atom
  4. Kepala Sekolah SDI Dimpong
  5. Para perangkat desa dan tokoh masyarakat lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus menyampaikan beberapa himbauan dan sosialisasi penting terkait Kamtibmas, di antaranya:

  1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO):

Petugas Bhabinkamtibmas menghimbau kepada masyarakat agar tidak tergiur dengan tawaran bekerja di luar negeri secara ilegal, yang sering kali menawarkan iming-iming gaji besar. Kornelius menekankan pentingnya mengikuti prosedur resmi melalui lembaga pemerintah yang sah, seperti PJTKI, agar terhindar dari risiko menjadi korban perdagangan orang. Masyarakat juga dihimbau untuk segera melapor kepada pihak berwenang apabila ada upaya rekrutmen ilegal.

  1. Bahaya Hewan Penular Rabies (HPR):

Kornelius juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar tidak berkeliaran bebas. Hewan-hewan ini harus dikandangkan atau diikat untuk mencegah terjadinya gigitan yang berpotensi menularkan rabies. Jika terjadi insiden gigitan, warga diminta untuk segera melapor ke pihak Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

  1. Himbauan Pilkada Damai 2024:

Menghadapi tahapan Pilkada 2024, Kornelius mengajak masyarakat untuk tetap menjaga suasana aman, sejuk, dan damai. Ia juga menghimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap berita hoaks, menolak kampanye hitam, dan tidak terlibat dalam politik uang. Selain itu, Kornelius juga menekankan pentingnya penggunaan media sosial yang bijak, demi menciptakan Pilkada yang aman dan kondusif.

Melalui kegiatan ini, aparat keamanan berharap masyarakat dapat lebih waspada terhadap isu-isu yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan, serta berperan aktif dalam menjaga situasi yang kondusif menjelang Pilkada 2024.(MBA)