Bhabinkamtibmas, Bripka ARSEL LIUNIMA Sosialisasikan Kamtibmas di Desa Satar Luju

Bhabinkamtibmas, Bripka ARSEL LIUNIMA Sosialisasikan Kamtibmas di Desa Satar Luju

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 02 April 2024 - Pukul 10.00 WITA, Bripka ARSEL LIUNIMA, seorang Babinkamtibmas yang bertugas di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, melaksanakan kegiatan sambang dan DDS (Door to Door System) di kantor Desa Satar Luju.

Dalam kunjungannya tersebut, Bripka ARSEL LIUNIMA berdiskusi dengan Kepala Desa Satar Luju, KRISPINUS PAOR, beserta staf desa. Tujuan diskusi tersebut adalah untuk menyampaikan berbagai edukasi, sosialisasi, serta himbauan terkait Kamtibmas kepada masyarakat setempat.

Salah satu fokus utama dari kegiatan tersebut adalah sosialisasi dan edukasi pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Bripka ARSEL LIUNIMA memberikan himbauan kepada warga agar tidak tergiur untuk bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Petugas tersebut menekankan pentingnya mengikuti jalur resmi yang ditetapkan pemerintah untuk bekerja di luar negeri melalui PJTKI, guna mencegah terjadinya kasus TPPO.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan sosialisasi mengenai bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR). Warga yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, dihimbau untuk mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka guna mencegah terjadinya kasus gigitan anjing yang berpotensi menyebarkan penyakit rabies.

Bripka ARSEL LIUNIMA juga mengingatkan aparat desa dan warga untuk melapor kepada pihak kepolisian terdekat atau Babinkamtibmas jika terjadi gangguan Kamtibmas di lingkungan mereka. Masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan tindakan main hakim sendiri dalam menangani masalah keamanan.

Terakhir, dalam rangka menjaga keselamatan dan kewaspadaan di wilayah Desa Beakondo, Bripka ARSEL LIUNIMA menekankan pentingnya untuk segera melaporkan jika terjadi musibah bencana alam. Langkah-langkah penanganan bencana alam dapat diambil dengan cepat apabila adanya kerjasama antara masyarakat dan pihak kepolisian.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bripka ARSEL LIUNIMA tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga Kamtibmas serta keselamatan diri dan lingkungan.(MBA)