Akses Jalan Terputus Akibat Tanah Longsor, Kasat Intelkam Polres Manggarai Sambangi BPBD

Akses Jalan Terputus Akibat Tanah Longsor, Kasat Intelkam Polres Manggarai Sambangi BPBD

Tribratanewsmanggarai.com- Selasa tanggal 02 Mei 2023, pukul 14.00 wita Kasat Intelkam Polres Manggarai  IPTU  M. ALE  DJENDO melakukan koordinasi dengan Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggarai an. STEFANUS TAWAR, SH terkait dengan bencana alam tanah longsor yang terjadi  di Desa Wewo, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai.

Dalam koordinasi tersebut Kasat Intelkam menyampaikan bahwa Situasi terkait bencana tanah longsor tersebut belum mendapat penanganan, hal ini mengakibatkan akses jalan warga masyarakat terhambat akibat material tanah menutupi badan jalan.

Atas penyampaian tersebut  Kepala BPBD Manggarai menyampaikan bahwa saat ini pihak BPBD Manggarai telah mengetahui bahwa kejadian bencana alam tanah longsor tersebut terjadi pada hari Jumat tanggal 28 April 2023 dini hari bukan diakibatkan proses pengeboran di PLTP Ulumbu tetapi dikarenakan intensitas curah hujan yang sangat tinggi,  struktur tanah labil dan diperparah dengan topografi dan juga di lokasi tersebut sering terjadi longsor.

Pihak BPBD juga menjelaskan bahwa untuk mengatasi material tanah yang menutupi badan jalan saat ini pihak BPBD telah menyiapkan alat berat eksafator dan direncanakan akan menuju lokasi malam ini untuk segera membuka akses jalan dan munggusur tanah longsor yang ada.

Diwaktu yang sama telah dilakukan koordinasi dengan Kepala Desa Wewo LAURENSIUS LANGGUT untuk mengklarifikasi  pemberitaan di media Instagram WALHI NTT tentang  " Longsor di PLTP Ulumbu"     dan menjelaskan hal - hal sebagai berikut :

a.   Bahwa pada hari Jumat tanggal 28 April 2023, sekitar pukul 07.00 wita, telah terjadi bencana alam tanah longsor  di Kampung Damu, Desa Wewo, Kecamatan  Satar Mese.

b. Lokasi tanah longsor terletak lebih kurang 300 meter dari titik pengeboran pembangkit listrik tenaga Panas bumi (PLTP) Ulumbu.

c. Bencana alam tanah longsor tersebut menyebabkan ruas jalan dari Kampung Damu menuju kantor/Basecamp PLTP ULUMBU tidak bisa di lalui oleh kendaraan roda empat.

d.  Kejadian tanah  longsor tersebut  murni akibat bencana alam  di karenakan  curah hujan yang tinggi sejak tanggal 25 sampai tanggal 27 April 2023 dan  bukan terjadi di dalam area PLTP Ulumbu seperti yang di beritakan atau bukan  merupakan dampak pengeboran PLTP Ulumbu.

e.  Pihak pemerintah Desa sudah melaporkan kejadian tersebut kepada pemerintah Kabupaten Manggarai namun sampai dengan saat ini belum dilakukan pembersihan material longsoran tersebut.