Polres Manggarai Gencar Lakukan Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2024

Polres Manggarai Gencar Lakukan Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2024
Polres Manggarai Gencar Lakukan Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2024

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Manggarai - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024, Polres Manggarai melalui Satuan Samapta terus meningkatkan intensitas patroli dialogis dan himbauan kamtibmas untuk menjaga situasi yang kondusif di wilayah Ruteng. Pada hari Selasa, 3 September 2024, pukul 12.15 WITA, anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis, himbauan kamtibmas, serta pengaturan lalu lintas di dalam kota Ruteng.

Patroli kali ini menyasar berbagai elemen masyarakat yang ditemui di beberapa lokasi, seperti mahasiswa, pelajar SD, SMP, dan SMA, warga Mbaumuku, tukang ojek, masyarakat dari luar kota, serta orang tua murid dan pengguna jalan. Petugas berkomunikasi secara dialogis dengan sopir dan pengendara roda dua, empat, hingga enam, menyampaikan himbauan tentang pentingnya menjaga kamtibmas dan kamseltibcar lantas guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan serta kemacetan lalu lintas.

Selain itu, petugas juga berdialog dengan masyarakat yang datang dari pedesaan untuk mencari informasi terkait gangguan kamtibmas, seperti tindakan mabuk-mabukan, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya, terutama menjelang pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2024.

Patroli ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat. Selain itu, patroli juga bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakat, menjalin hubungan kemitraan dengan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi, serta membatasi gerak provokator dan separatis.

Kegiatan patroli dialogis, himbauan, penertiban, dan pengaturan lalu lintas ini dilakukan dengan menggunakan satu unit kendaraan dinas R4 D-Max Samapta, dengan kekuatan personel lima orang yang dipimpin oleh Kanit I Dalmas Samapta, Aipda Kadek Suarsana. Kegiatan ini berlangsung tertib dengan situasi yang aman terkendali, serta arus lalu lintas yang tetap tertib dan lancar.(MBA)