Patroli Dialogis Bhabinkamtibmas di Kelurahan Mbaumuku, Cegah TPPO dan Himbauan Kamtibmas

Patroli Dialogis Bhabinkamtibmas di Kelurahan Mbaumuku, Cegah TPPO dan Himbauan Kamtibmas

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, 20 Juni 2024 - Pada hari ini, Kamis, 20 Juni 2024, Aipda Adi Jakar, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, bersama dengan Kanit Binkamsa Sat. Binmas Polres Manggarai, Aipda Sutikno, melaksanakan giat sambang dan patroli dialogis kepada warga masyarakat di RT.08/RW.04 Kelurahan Mbaumuku.

Dalam kegiatan ini, petugas Bhabinkamtibmas menjumpai beberapa warga masyarakat dan menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Mereka mengimbau warga untuk selalu menjaga kamtibmas di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Petugas juga menekankan agar warga segera melaporkan kepada petugas Bhabinkamtibmas jika menemukan hal-hal yang mengganggu kamtibmas, agar dapat segera ditindaklanjuti.

Selain itu, dalam kesempatan ini, petugas Bhabin juga melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) serta penggalangan kamtibmas. Beberapa poin penting yang disampaikan adalah:

  1. Himbauan dan Edukasi Pencegahan TPPO:
    • Petugas Bhabin mengajak warga untuk bersama-sama melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan TPPO serta memantau warga desa yang hendak mencari pekerjaan di luar negeri.
    • Warga dihimbau agar tidak tergiur dengan iming-iming gaji besar untuk bekerja di luar negeri secara ilegal.
    • Petugas Bhabin mengajak warga untuk melaporkan jika ada pihak atau orang yang mencari pekerja untuk dipekerjakan ke luar negeri.
    • Bhabin juga menekankan bahwa bagi yang ingin bekerja di luar negeri harus mengikuti pengiriman resmi yang telah diatur oleh pemerintah.
  2. Himbauan Kamtibmas:
    • Warga diajak untuk tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, terutama dalam tahapan Pilkada Serentak.
    • Masyarakat diminta melaporkan atau menginformasikan kepada petugas Bhabin jika ada kegiatan pesta atau keramaian lainnya.
    • Petugas juga mengajak tokoh pemuda untuk memberikan himbauan kamtibmas jika ada kegiatan masyarakat, baik itu pesta atau giat keramaian lainnya, untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas yang mungkin timbul dari kegiatan tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka, serta untuk mencegah terjadinya tindak pidana perdagangan orang yang marak terjadi. Petugas Bhabin berharap dengan adanya edukasi dan sosialisasi ini, warga dapat lebih waspada dan berperan aktif dalam menjaga kamtibmas.(MBA)