Katedral Ruteng Siapkan Mimbar Untuk Kapolres Manggarai Pada Hari Minggu

Katedral Ruteng Siapkan Mimbar Untuk Kapolres Manggarai Pada Hari Minggu

Tribratanewsmanggarai.com- Selasa-25/04/2023 Kapolres Manggarai AKBP EDWIN SALEH S.I.K,.M.H didatangi oleh Pastor Paroki Katedral Ruteng 

Pastor Paroki Katedral Ruteng Rm. GABRIEL HARIM, Pr bersama Rm. BLASIUS, Pr., Ketua DPP VINCENTIUS MARUN dan Pastor Rekan diruangan kerjanya.

Dalam silaturahmi tersebut, Kapolres Manggarai mengucapkan selamat datang dan sebagai warga baru, Kapolres Manggarai titip diri kepada Tokoh Manggarai.

Pada kesempatan tersebut Rm. GABRIEL HARIM, Pr. ucapkan selamat datang kepada Bpk. AKBP EDWIN SALEH. S.l.K., MH selaku Kapolres Manggarai di tanah Manggarai, dan memberitahukan pada kesempatan kedepan Gereja Katedral menyediakan mimbar saat Misa hari minggu untuk bapak kapolres guna menyampaikan himbauan kamtibmas, Rm. Gabriel meminta Kapolres untuk berkunjung ke gereja katedral, romo juga menyampaikan sangat mendukung tugas-tugas pemeliharaan kamtibmas bagi masyarakat Manggarai, dan sebagai agenda kedepan bahwa menjelang Natal akan ada pembinaan rohani kepada personel Polres.

Sedangkan Ketua Dewan Pastoral Paroki (DPP) Bpk. VINSENCIUS MARUN menyampaikan:

Situasi dan kondisi Paroki Katedral Ruteng saat ini memiliki lebih kurang 3.500 KK
atau sekitar 14.000 jiwa, direncanakan pada tanggal 11 Juni 2023 akan dilaksanakan prosesi sakramen utk seluruh paroki (7 paroki) dan akan libatkan pengamanan dari Polri termasuk dukungan Remaja Masjid, disamping itu Gambaran situasi yang menonjol saat ini adalah kerawanan sosial ekonomi, namun pada umumnya tidak ada yang menonjol dan tidak pernah terjadi hal/kejadian yang luar biasa di wilayah Manggarai.

Dan Rm. BLASIUS, Pr. menjelaskan situasi saat ini terjadi kesejukan toleransi yang luar biasa di masyarakat yaitu hubungan antar agama sangat baik, adapun isu penting saat ini bahwa Kab. Manggarai merupakan Kabupaten Layak Anak (Gereja Katolik Ramah Anak), di Wilayah keuskupan Ruteng ini terjadi kekerasan terhadap anak dan perempuan cukup banyak termasuk adanya stunting, di tahun ini keuskupan Ruteng mencanangkan tahun ekonomi berkelanjutan (ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi) yang menjadi perhatian bersama semua pihak.

Menanggapi yang disampaikan oleh para biarawan Gereja Katedral Kapolres Manggarai menyampaikan:

Saya merasa bangga, terkait kriminalitas kami butuh adanya komunikasi yang cepat dan tepat, kami berharap untuk masalah stunting dan kesehatan ibu dan anak kami minta Satuan Bimas Polres melalui BhabinKamtibmas bisa dilibatkan, kedepannya kami berharap para tokoh agama bisa membantu Polres Manggarai dalam mengatasi semua permasalahan apa saja yang dihadapi termasuk menghadapi Tahun Politik yakni Pemilu 2024 dan Pemilukada 2024 agar aman, lancar dan kondusif. (VRJ)