Himbauan Pencegahan TPPO dan HPR, Bhabinkamtibmas Sambangi warga di Bangka Leda.

Himbauan Pencegahan TPPO dan HPR, Bhabinkamtibmas Sambangi warga di Bangka Leda.

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, 12 November 2023 - Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, BRIPKA Anselmus K. Nongko, melakukan himbauan kepada warga setempat. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di kantor kelurahan Bangka Leda, dengan dihadiri oleh Lurah Bangka Leda, Ishak Genggor, SP, staf kelurahan, dan sejumlah warga.

Dalam pertemuan tersebut, BRIPKA Anselmus K. Nongko menyampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat, antara lain:

A. Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Bhabinkamtibmas mengingatkan warga tentang bahaya Tindak Pidana Perdagangan Orang. Jika ada warga yang mendapatkan tawaran pekerjaan di luar negeri dengan iming-iming gaji besar, diharapkan segera menginformasikannya kepada Bhabinkamtibmas atau pihak Kepolisian setempat. Warga yang hadir menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada laporan warga sekitar yang bekerja di luar negeri atau menjadi korban TPPO.

B. Hewan Penular Rabies (HPR)

Bhabinkamtibmas juga mengimbau warga untuk mengantisipasi penularan Rabies melalui hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing. Warga diminta untuk mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka agar tidak membahayakan lingkungan sekitar. Sampai dengan laporan ini disampaikan, situasi terkait HPR masih terpantau aman dan terkendali.

C. Keselamatan Anak-anak di Musim Penghujan

Dalam himbauannya, BRIPKA Anselmus K. Nongko juga mengingatkan orang tua untuk memperhatikan keselamatan anak-anak, terutama di musim penghujan. Orang tua diminta untuk menghindari anak-anak bermain di sungai atau selokan karena dapat membahayakan keselamatan mereka akibat meningkatnya debit air.

Bhabinkamtibmas berharap bahwa himbauan ini dapat menjadi langkah preventif bersama untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Langke Rembong. Warga diimbau untuk bersikap proaktif dalam melaporkan potensi bahaya atau tindakan kriminal demi menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.(MBA)