Harkamtibmas: Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas oleh Sat Samapta Polres Manggarai di Ruteng

Harkamtibmas: Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas oleh Sat Samapta Polres Manggarai di Ruteng
Harkamtibmas: Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas oleh Sat Samapta Polres Manggarai di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Manggarai - Dalam upaya memelihara situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), pada hari Kamis, 12 September 2024 pukul 08.30 WITA, Anggota Sat Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis, himbauan Kamtibmas, dan pengaturan lalu lintas di dalam kota Ruteng.

Sasaran patroli kali ini adalah berbagai kelompok masyarakat yang ditemui di sejumlah lokasi, termasuk mahasiswa, pelajar dari tingkat SD, SMP, dan SMA, warga Mbaumuku, pengendara ojek, masyarakat yang datang dari luar kota, orang tua murid, serta pengendara lalu lintas.

Selama patroli, petugas secara dialogis berkomunikasi dengan masyarakat, termasuk sopir dan pengemudi kendaraan roda dua, empat, dan enam, serta tukang ojek. Petugas memberikan himbauan mengenai pentingnya menjaga Kamtibmas dan keselamatan berlalu lintas (Kamseltibcar Lantas) untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan kemacetan arus lalu lintas. Selain itu, petugas berdialog dengan masyarakat dari pedesaan untuk mencari informasi terkait gangguan Kamtibmas dan hal-hal lain yang dapat menimbulkan ancaman, seperti mabuk-mabukan, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya, terutama menjelang pesta rakyat dalam rangka pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Kegiatan patroli ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas, serta memperkuat kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat. Tujuan utamanya adalah mencegah terjadinya kriminalitas, gangguan Kamtibmas, serta memberikan rasa aman dan tenteram kepada masyarakat. Selain itu, patroli ini juga bertujuan untuk menjalin kemitraan dengan masyarakat guna memperoleh informasi dan partisipasi mereka, serta membatasi ruang gerak provokator dan separatis.

Patroli dialogis, himbauan, penertiban, dan pengaturan lalu lintas ini dilaksanakan dengan melibatkan 4 unit kendaraan roda dua dan 6 personel yang dipimpin oleh KBO Samapta, IPDA I Wayan Guna.

Kegiatan berlangsung dengan tertib, situasi terpantau aman terkendali, dan arus lalu lintas berjalan dengan lancar.(MBA)