Bhabinkamtibmas Sosialisasi Pemilu Damai dan Waspada Bencana Alam di Satarmese Barat

Bhabinkamtibmas Sosialisasi Pemilu Damai dan Waspada Bencana Alam di Satarmese Barat

Tribratanewsmanggarai.com-

Kamis, 02 Februari 2024 - Bripka ARSEL LIUNIMA, seorang Babinkamtibmas di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, aktif melaksanakan tugas patroli dialogis dan berdiskusi dalam upaya Pemeliharaan Kamtibmas menjelang Pemilihan Umum (PEMILU) dan memberikan peringatan terhadap potensi bencana alam di wilayahnya.

Pada hari Jumat, tanggal 02 Februari 2024, pukul 09.30 WITA hingga pukul 11.00 WITA, kegiatan ini dilaksanakan di Reda Desa Persiapan Lereng, Kecamatan Satarmese Barat.

Bripka ARSEL LIUNIMA berkesempatan melakukan patroli dialogis dengan Bapak SELVIANUS JEHANU dan keluarganya, membahas upaya Pemeliharaan Kamtibmas menjelang PEMILU dan mengingatkan akan pentingnya kewaspadaan terhadap bencana alam di wilayah dusun Reda Desa Persiapan Lereng.

Beberapa hasil diskusi yang diperoleh antara lain:

1. Edukasi Kamtibmas terkait Pemilu Damai:

  • Masyarakat diberikan edukasi Kamtibmas dari KAPOLDA NTT tentang "PEMILU DAMAI TERTIB DAN LANCAR UNTUK INDONESIA MAJU DAN SEJAHTERA".
  • Pesan kamtibmas disampaikan, termasuk menghindari kampanye hitam dan politik uang.
  • Warga dihimbau untuk menjauh dari ajakan atau hasutan untuk melakukan tindakan anarkis apabila kubu politiknya kalah pada tanggal 14 Februari 2024.

2. Sosialisasi Bencana Alam:

  • Mengingatkan warga agar tetap waspada terhadap cuaca buruk, terutama saat memasuki musim hujan.
  • Masyarakat di pinggir pantai, sungai, bukit, atau lereng gunung diminta untuk segera mengungsi ke tempat yang aman apabila terjadi hujan tinggi, angin kencang, atau potensi tanah longsor.

3. Pengurusan e-KTP:

  • Menyampaikan himbauan dari Bupati Manggarai terkait pengurusan e-KTP di Dinas Dukcapil Kabupaten Manggarai.
  • Peserta pemilih awal atau Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang belum memiliki KTP diminta segera mengurusnya sebelum tanggal 14 Februari 2024.

Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat Kecamatan Satarmese Barat dapat lebih memahami pentingnya Pemilu yang damai serta mampu menghadapi potensi bencana alam dengan kewaspadaan yang tinggi.(MBA)