Bhabinkamtibmas Kecamatan Satar Mese, Himbau Warga Lungar Waspada bencana dan Pencegahan TPPO.

Bhabinkamtibmas Kecamatan Satar Mese, Himbau Warga Lungar Waspada bencana dan Pencegahan TPPO.

Tribratanewsmanggarai.com-

 

Desa Lungar, Kecamatan Satar Mese - Bripka Almodad Ano dan Bripka Theodorus Angkat, dua anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di Kecamatan Satar Mese, terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melaksanakan patroli dan sambang rutin. Pada Selasa, 02 April 2024, keduanya kembali melakukan patroli di Desa Lungar.

Dalam kegiatan patroli dan sambang tersebut, keduanya tak hanya melakukan pengawasan terhadap potensi gangguan kamtibmas, tetapi juga memberikan berbagai edukasi kepada masyarakat setempat. Bripka Almodad Ano memberikan himbauan kepada warga Desa Lungar agar tidak terjerumus dalam tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan bekerja ilegal di luar negeri. Himbauan tersebut disertai penekanan pentingnya mengikuti jalur resmi yang ditetapkan pemerintah melalui PJTKI untuk bekerja di luar negeri guna mencegah terjadinya kasus TPPO.

Sementara itu, Bripka Theodorus Angkat menyampaikan sosialisasi mengenai bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) kepada warga Desa Lungar. Warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dihimbau untuk mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka guna mencegah terjadinya kasus gigitan hewan yang berpotensi menyebarkan penyakit rabies.

Selain itu, kedua petugas Bhabinkamtibmas ini juga mengingatkan warga terkait waspada terhadap bencana terkait cuaca ekstrem yang sedang berlangsung, di mana curah hujan tinggi disertai angin kencang. Himbauan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengantisipasi dan menghadapi potensi bencana alam yang dapat terjadi.

Dengan upaya patroli, sambang, dan penyuluhan yang dilakukan oleh Bripka Almodad Ano dan Bripka Theodorus Angkat, diharapkan dapat tercipta situasi kamtibmas yang kondusif di Desa Lungar serta meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi ancaman yang ada.(MBA)