Anggota Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi dan Himbauan Kamtibmas di Kota Ruteng

Anggota Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi dan Himbauan Kamtibmas di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

 

Ruteng, 22 Oktober 2024 – Anggota Samapta Polres Manggarai kembali melaksanakan giat Patroli Perintis Presisi, patroli dialogis, serta memberikan himbauan Kamtibmas pada malam hari di dalam Kota Ruteng. Patroli tersebut dimulai pada pukul 20.00 WITA dengan tujuan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di tengah masyarakat.

Patroli ini menyasar beberapa wilayah di Kota Ruteng yang masih ramai dengan aktivitas warga pada malam hari, termasuk Kampung Wae Buka, Hombel, Kompleks Pasar Puni, dan Leda. Di lokasi-lokasi tersebut, petugas menemukan warga serta remaja yang sedang nongkrong di gang-gang dan bahu jalan umum.

Dalam pelaksanaannya, petugas mengedepankan pendekatan dialogis dengan berkomunikasi langsung bersama masyarakat yang dijumpai. Selain mencari informasi terkait potensi gangguan keamanan, petugas juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. Masyarakat dihimbau untuk tidak mengganggu ketenangan umum dan menghindari aktivitas yang tidak perlu hingga larut malam. Secara khusus, para pemuda yang berkumpul juga diberikan arahan agar menjauhi konsumsi minuman keras guna menjaga keamanan dan ketertiban, terlebih menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Adapun tujuan utama dari kegiatan patroli ini adalah untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah terjadinya tindakan kriminal, dan memberikan rasa aman serta perlindungan bagi warga Kota Ruteng. Selain itu, patroli ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat sebagai upaya mendapatkan informasi serta partisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan.

Patroli dilakukan dengan menggunakan satu unit kendaraan dinas (Randis) R6 Truck Dalmas dan melibatkan 10 personel yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Samapta, Aipda Thomas, S.H. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan situasi kota dilaporkan dalam kondisi aman terkendali.

Dengan patroli yang dilakukan secara rutin, diharapkan keamanan dan ketertiban di Kota Ruteng dapat terus terjaga, serta masyarakat semakin merasakan kehadiran dan perlindungan dari kepolisian.(MF)