Anggota Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi dan Himbauan Kamtibmas di Kota Ruteng

Anggota Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi dan Himbauan Kamtibmas di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 08 Oktober 2024 – Pada Selasa malam, pukul 20.00 WITA, anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan Patroli Perintis Presisi, patroli dialogis, serta memberikan himbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kota Ruteng. Patroli ini menyasar masyarakat yang masih beraktivitas pada malam hari di sejumlah wilayah, seperti Kelurahan Mbaumuku, Tenda, Leda, Satar Tacik, dan beberapa lokasi lainnya yang dianggap rawan.

Dalam kegiatan patroli, petugas menemukan kelompok warga yang nongkrong di bahu jalan dan para pemuda sopir angkot serta kondektur yang kedapatan mengonsumsi minuman keras di trotoar. Selain itu, patroli juga menyasar tempat-tempat rawan lainnya.

Cara Bertindak: Petugas patroli bertindak dengan melakukan komunikasi dialogis kepada masyarakat yang masih beraktivitas malam hari. Mereka mencari informasi terkait potensi gangguan keamanan serta menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. Selain itu, warga yang ditemui juga diberi himbauan agar tidak mengganggu ketenangan masyarakat pada malam hari.

Patroli juga membubarkan para sopir angkot dan kernet yang nongkrong sambil menenggak minuman keras di beberapa tempat. Petugas memberikan peringatan keras agar tidak mengonsumsi miras di tempat umum demi menjaga situasi kota yang tetap kondusif.

Hasil yang Diharapkan: Patroli ini bertujuan untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kota Ruteng, sekaligus meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, terutama pada malam hari.

Tujuan Patroli Perintis Presisi: Patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah kriminalitas dengan menghalangi faktor niat dan kesempatan, serta mencegah terjadinya gangguan keamanan. Selain itu, patroli ini juga berperan dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, menjalin kemitraan dengan warga untuk mendapatkan informasi serta partisipasi dalam menjaga keamanan, dan membatasi ruang gerak provokator serta pihak yang meresahkan masyarakat.

Patroli malam ini dipimpin oleh Kasubnit I Dalmas, Aiptu Yulianus Pala, dengan kekuatan personel 11 orang dan menggunakan satu unit kendaraan dinas roda empat (Randis R4 Dimex). Kegiatan berjalan dengan lancar, dan situasi di Kota Ruteng terpantau aman serta terkendali.(MF)