Sat Samapta Polres Manggarai gencar lakukan Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas

Sat Samapta Polres Manggarai gencar lakukan Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas
Sat Samapta Polres Manggarai gencar lakukan Patroli Dialogis dan Himbauan Kamtibmas

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng – Dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), pada hari Selasa, 30 Juli 2024, pukul 09.00 WITA, Anggota Sat Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan Patroli Dialogis, Himbauan Kamtibmas, serta Pengaturan Lalulintas di kota Ruteng.

Patroli ini bertujuan untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat serta mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas. Sasaran patroli meliputi berbagai lokasi seperti Kelurahan Karot Tadong, Mbaumuku, Pangkalan Minyak Tanah, SPBU Mbaumuku, sopir ekspedisi, masyarakat yang hendak membeli minyak tanah dan mengisi BBM, penumpang, serta arus lalulintas.

Petugas patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat, sopir, pengemudi sepeda motor, serta pengecer BMM yang mengantri di SPBU. Mereka juga memberikan himbauan tentang Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas) untuk mengantisipasi terjadinya gangguan. Selain itu, petugas menyampaikan pesan kepada pegawai SPBU untuk mendahulukan pengisian kendaraan bermotor guna menghindari antrean panjang yang dapat menimbulkan kemacetan arus lalulintas.

Dalam kegiatan ini, petugas juga berdialog dengan masyarakat yang datang dari pedesaan untuk memperoleh informasi mengenai gangguan Kamtibmas serta masalah lain yang dapat memicu gangguan seperti mabuk-mabukan, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya.

Patroli ini diharapkan dapat meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah terjadinya kriminalitas dengan mengurangi kesempatan dan niat, serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi mereka. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berjalan kaki oleh 8 personel yang dipimpin oleh Kanit 2 Dalmas Samapta Aipda Yoost O.R. Muda.

Kegiatan patroli dialogis, himbauan, penertiban, dan pengaturan lalulintas berlangsung tertib dengan situasi terpantau aman dan arus lalulintas berjalan lancar.(MBA)