Kapolres Manggarai Sambangi Keuskupan Ruteng

Kapolres Manggarai Sambangi Keuskupan Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com- 21/04/23 (Jumat) Kapolres Manggarai AKBP EDWIN SALEH S.I.K,.M.H menyambangi kediaman Uskup Ruteng Mgr. SIPRIANUS HORMAT, Pr. dalam rangka silahturahmi.

Turut hadir dalam silaturahmi tersebut Romo Vikjen Keuskupan Ruteng RD. ALFONS SEGAR, Pr , Sekretaris Keuskupan Ruteng RD. AGUSTINUS MANFRED HABUR, Wakil Rektor III Unika Santu Paulus Ruteng RD. INOSENSIUS SUTAM, Kasat Intelkam IPTU M. ALE DJENDO, dan kasi Propam Polres Manggarai IPDA JONATHAN  T. LEMBANG.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Manggarai menyampaikan beberpa hal sebagai berikut :

a. Selaku Kapolres Manggarai menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kepada Uskup Ruteng dan para Romo / Pastor yang telah meluangkan waktunya untuk bersedia menerima kehadiran dirinya untuk bersilahturahmi di Istana Keuskupan Ruteng ini.

b. Sebagai orang baru di Kabupaten ini sangat mengharapkan  dan memohon  dukungan dari  bapak Uskup Ruteng dan para Romo / Pastor di Keuskupan ini sehingga dalam mengemban  tugas sebagai pelayanan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan gereja Katolik.

c. Untuk mewujudkan itu semua selaku Kapolres Manggarai  juga menitip diri dan meminta doa serta kritikan dan saran juga masukan dari Uskup Ruteng serta para Romo / Pastor dalam tugas sehari - hari guna dapat tercipta situasi yang kondusif.


Atas penyampaian dari Kapolres Manggarai Uskup Ruteng menyampaikan beberapa masukan sebagai berikut :

a. Bahwa Keuskupan Ruteng merupakan salah satu Keuskupan dengan jumlah umat Katolik tersebesar di seluruh Keuskupan yang ada di Indonesa dimana jumlah paroki sebanyak 86 paroki yang tersebar di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Manggarai Barat.

b. Selain jumlah umat Katolik yang terbesar Keuskupan Ruteng juga memiliki 54 Konggergasi / Biara dimana dalam  tugas pelayanan terhadap umat sesuai dengan spirit masing - masing konggergasi.

c. Bahwa sebagai pemimpin umat Katolik di Keuskupan Ruteng sangat mengapresiasi atas kedatangan Kapolres Manggarai di Istana Keuskupan Ruteng dan juga selalu mendukung dan mendoakan Kapolres Manggarai agar dalam menjalanakan tugasnya di Kabupaten Manggarai dapat mampu memberikan edukasi dan pelayanan terbaik bagi Kabupaten Manggarai.

d. Pihak Keuskupan juga sangat mengharapkan kerjasama baik bersama Keuskupan Ruteng dan kampus UNIKA Santu Paulus Ruteng  terus berlanjut sehingga program kegiatan yang sudah dicanangkan dapat berjalan dengan baik.

e. Toleransi antar umat beragama di Kabupaten Manggarai saat jni sudah terjalin dengan baik hal ini dapat dilihat dari terbentuknya Forum Kerukunan  Umat Beragama (FKUB) dan kegiatan - kegiatan ke rohanian yang telah dijalankan.

f. Perlu diantsipasi juga situasi keamanan menjelang Politik yang akan datang karena pada pengelaman dalam situasi Politik pihak gereja selalu ditarik dalam urusan Politik namun selaku pimpinan Umat Katolik sangat menjamin bahwa gereja akan selalu berdiri Netral dan memberikan ke sejukan dalam situasi tersebut.

Terhadap saran dan masukan dari Bapak Uskup Ruteng, Kapolres Manggarai mengucapkan terima kasih dan akan terus menjaga silaturahmi ini terus berjalan guna dapat terciptanya situasi yang kondusif di wilayah Kabupaten Manggarai.