Kanit Binpolmas, Sat. Binmas Polres Manggarai Aipda Fransiskus S. Maja Sambangi Warga untuk Pencegahan TPPO

Kanit Binpolmas, Sat. Binmas Polres Manggarai Aipda Fransiskus S. Maja Sambangi Warga untuk Pencegahan TPPO

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara – Pada hari ini, Rabu, 21 Agustus 2024, pukul 10.00 WITA, Kanit Binpolmas Polres Manggarai, Aipda Fransiskus S. Maja, melaksanakan giat sambang atau patroli di rumah warga Desa Buar, Kecamatan Rahong Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan himbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) guna mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya Hewan Penular Rabies (HPR), serta kenakalan remaja.

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Fransiskus bertemu dengan Bapak Ansel, seorang kepala rumah tangga yang tengah beraktivitas bersama anak-anaknya yang sudah remaja dan dewasa. Petugas menyampaikan beberapa himbauan penting sebagai berikut:

A. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)
Aipda Fransiskus mengajak warga untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Ia menekankan pentingnya mengikuti jalur resmi yang disediakan pemerintah melalui PJTKI jika ingin bekerja di luar negeri. Petugas juga meminta warga untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian jika ada upaya perekrutan kerja yang mencurigakan guna mencegah terjadinya TPPO.

B. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Hewan Penular Rabies (HPR)
Petugas mengingatkan agar warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing untuk memastikan hewan-hewan tersebut dikandangkan atau diikat guna mencegah gigitan yang berpotensi menyebarkan rabies. Hal ini penting dilakukan untuk melindungi warga dari bahaya rabies yang dapat berakibat fatal.

C. Pencegahan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT)
Aipda Fransiskus juga menekankan pentingnya menghindari tindakan kekerasan dalam rumah tangga, baik terhadap istri maupun anak-anak. Ia mengajak warga untuk menyelesaikan masalah dengan bijaksana, mengendalikan emosi, dan melibatkan petugas desa atau kepolisian jika diperlukan.

Selain itu, ia mengimbau warga untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif selama tahapan Pilkada 2024. Hal ini penting demi terciptanya suasana Pilkada serentak yang aman, sejuk, dan damai.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polres Manggarai untuk memastikan keselamatan dan keamanan warga di wilayah hukumnya, serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap berbagai potensi ancaman yang ada.(MBA)