Jumat Curhat Polres Manggarai

Jumat Curhat Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com- Jumat tanggal 02 Juni 2023 pukul 10.00 wita, bertempat di halaman Masjid Nurul Huda, Desa Nuca Molas, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, telah berlangsung kegiatan JUMAT CURHAT CARI BERKAH JUMAT (Cerita Ringan dan Sharing Bersama Kapolres Manggarai).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Manggarai AKBP EDWIN SALEH, S.I.K, M.H dan didampingi oleh Waka Polres Manggarai KOMPOL SAHIDIN SUNA, Kabag SDM AKP HYPOLITUS V ATMAN, Kasat Binmas AKP I GUSTI NGR SABA NUGRAHA, Kasat Lantas AKP MADE HENDRA KUSUMANATA, S.I.K, Kasat Reskrim IPTU HENDRICKA R.A BAHTERA, S.T.K, S.I.K., M.H, Kasat Sabhara IPTU ORLANDO DOS REIS ALVES, Kasat Intelkam Polres Manggarai IPTU M. ALE DJENDO, Kasat Polairud IPTU JESSY SILAHOOY, Kapolsek Satar Mese IPTU GALUS KEKO, KBO Sabhara IPDA I WAYAN GUNA, Kasiwas Polres Manggarai IPDA HARUN SARIF, dan peserta jumat curhat Kepala Desa Nuca Molas MANSYUR S.Pd bersama Masyarakat Desa Nuca Molas. 

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Nuca Molas MANSYUR S.Pd memberiman sambutan sebagai berikut :

Selamat datang Bapak Kapolres Manggarai berserta Wakapolres Bersama rombongan di Desa Nuca Molas. Adapun gambaran statistik desa Nuca Molas yakni luas daerah 16.029 hektar,  luas wilayah desa yang ditempati 813 hektar, dengan jumlah penduduk 352 kepala keluarga dengan jumlah penduduk 1.462  jiwa.

Mengenai kehidupan sosial di Desa Nuca Molas mengedepankan kekeluargaan dan segala sesuatu yang menyangkut keamanan desa kita selesaikan melalui lembaga adat secara kekeluargaan. 

Adapun permasalahan menonjol  yang sering terjadi yakni perkelahian antar perorangan maupun antar kelompok pada saat adanya pesta perkawinan yang biasanya dipengaruhi karena konsumsi minuman keras, namun hal tersebut tidak berlarut - larut dan secepatnya dapat diselesaikan. 

Masyarakat Desa Nuca Molas mayoritas berprofesi sebagai nelayan terdapat juga didaerah kami yang mengembangkan potensi peternakan, Potensi perkebunan juga ada tapi sudah tidak digarap karena tingginya populasi ternak.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Manggarai AKBP EDWIN SALEH, S.I.K, M.H memberikan sambutan dan penyampaian yakni sebagai berikut :

Selaku Kapolres Manggarai saya Menitip diri dengan harapan selama melaksanakan tugas dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan dapat diterima di Desa Nuca Molas. 

Kami harapkan kegiatan jumat curhat ini bermanfaat bagi masyarakat desa Nuca Molas dan Kami sangat terbantu beberapa penyelesaian masalah dengan cara  musyawarah mufakat yang dalam kepolisian kita sebut program restorative justice. 

Program Jumat Curhat yang dilaksanakan ini sudah merupakan program Wajib dengan tujuan agar dapat saling komunikasi dan bertukar informasi antara Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemerintahan, Para Pelajar atau Mahasiswa serta masyarakat seperti sekarang ini, jika terjadi kendala terkait pelayanan kepolisian di masyarakat serta Gangguan Kamtibmas di Masyarakat dapat disampaikan.

Dengan adanya kegiatan Jumat Curhat ini agar segala permasalahan tentang kamtibmas di masyarakat untuk dapat dikomunikasikan serta Nomor HP Kapolres Manggarai sudah disebarkan kepada masyarakat umum dengan tujuan untuk mempermudah melaporkan/menyampaikan kejadian secara cepat utk ditindaklanjuti oleh Polri.

Setelah itu para peserta Jumat Curhat menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan bahwa bahwa masyarakat Desa Nuca Molas akan menghibahkan tanah ke Polres Manggarai dengan harapan tanah tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

Sampai dengan saat ini belum ada petugas Babinkamtibmas di Desa kami untuk itu kami berharap dukungan Bapak Kapolres Manggarai dapat menempatkan personil di Desa kami. 

 Banyaknya animo dari para putra dan putri di desa Nuca Molas untuk mengabdi kepada  Negara menjadi anggota Polri namun sampai dengan saat ini belum ada yang diberi kesempatan untuk itu kami memohon dukungan dari Bapak Kapolres. 

 Kami sangat menyambut baik dan berharap kegiatan seperti ini dapat diagendakan guna meningkatkan soliditas pemerintah dan masyarakat lebih khususnya kepolisian dengan masyarakat, saat ini pemerintah ada program bantuan kepada desa - desa namun desa Nuca molas kurang mendapat perhatian dan bantuan misalkan bantuan pangan berupa  beras dan bantuan untuk nelayan berupa alat pukat dan kapal fiber, serta bantuan lainnya seperti air bersih untuk itu kami mohon perhatiannya. 

Menanggapi  pertanyaan dari peserta Jumat Curhat tersebut Kapolres Manggarai dan Kabag SDM Polres Manggarai memberikan tanggapan sebagai berikut :

Mengenai Penempatan personil Babinkamtibmas akan kami upayakan dengan harapan personil tersebut dapat mengemban tugas menjaga kamtibmas di Desa Nuca Molas. 

Mengenai lahan masyarakat yang telah dihibahkan ke Polres Manggarai kami sangat berterimakasih kepada Bapak dan ibu warga Desa Nuca Molas dan akan kita manfaatkan untuk kepentingan Polri menjaga Kamtibmas dengan harapan semoga kedepan Desa Nuca Molas lebih maju. 

Mengenai bantuan pengadaan air bersih saat ini telah ada program pengadaan air bersih dari pengurus pusat Bhayangkari untuk itu akan kami datakan wilayah Desa Nuca Molas sebagai daerah penerima bantuan dan mengenai bantuan lainnya akan kami koordinasikan ke Pemerintah Kabupaten Manggarai. 

Mengenai penerimaan seleksi masuk anggota  Polri tidak dipungut biaya dan mekanisme perekrutan saat ini sangat transparan menggunakan proses seleksi secara online sehingga hasil test murni atas kemampuan peserta, oleh karena itu para calon peserta juga harus mempersiapkan diri dengan baik seperti persiapan fisik, akademik maupun mental dan jangan terpengaruh dengan ulah oknum tertentu yang ingin menawarkan jasa meloloskan calon peserta. Setelah peserta dinyatakan lulus seleksi maka segala akomodasi selama menjalani pendidikan di tanggung oleh Negara.

Jika ada hal-hal yang berkaitan dengan situasi keamanan di wilayah ini kami membuka pintu lebar-lebar bisa di komunikasikan dengan Polres Manggarai. 

Kegiatan tersebut selesai pada pukul 11.00 wita dalam keadaan aman dan lancar.