Himbauan Kamtibmas dan Edukasi oleh Bhabinkamtibmas di Kampung Lenteng Desa Compang Dari, Kecamatan Rahong Utara

Himbauan Kamtibmas dan Edukasi oleh  Bhabinkamtibmas di Kampung Lenteng Desa Compang Dari, Kecamatan Rahong Utara

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong, 28 Desember 2023 - Pada hari Kamis, tanggal 28 Desember 2023, Aipda Ridwan N. Lubalu, Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan kegiatan patroli dan sambang di Kampung Lenteng Desa Compang Dari. Petugas Bhabin bertemu dengan warga masyarakat, duduk bersama, dan memberikan himbauan terkait pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan, pencegahan Bencana Alam, serta himbauan menjelang Pemilu Damai 2024.

Dalam diskusi dengan warga, tidak ada laporan korban TPPO hingga saat ini. Petugas Bhabin menyampaikan edukasi dan sosialisasi pencegahan TPPO, mengingatkan agar tidak tergiur bekerja ilegal di luar negeri, dan mengajak mengikuti mekanisme resmi pemerintah.

Selanjutnya, Bhabin memberikan himbauan terkait bahaya gigitan hewan penular rabies, mendorong pemilik hewan peliharaan untuk menjaga keamanan dengan mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka.

Pencegahan kebakaran hutan dan lahan juga menjadi fokus, dengan mengajak warga untuk tidak membersihkan lahan dengan cara membakar. Petugas Bhabin mengingatkan pentingnya melaporkan kejadian kebakaran hutan dan lahan kepada pihak berwenang.

Dalam konteks pencegahan bencana alam, warga diajak untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem seperti hujan dan angin kencang. Himbauan untuk tidak membangun rumah di daerah rawan longsor juga disampaikan.

Terakhir, dalam upaya menjaga kamtibmas selama Pemilu Damai 2024, petugas Bhabin mengajak warga untuk bersama-sama menjaga kondusivitas situasi, tidak terprovokasi, dan melaporkan gangguan kamtibmas. Edukasi tentang kebebasan memilih dan menjunjung tinggi perbedaan pilihan politik menjadi pesan penting yang disampaikan oleh Bhabin kepada masyarakat.

Seluruh kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, menciptakan keterlibatan aktif warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.(MBA)