Bhabinkamtibmas Sambangi Warga Jelang Pemilu 2024 di Ruteng, Manggarai

Bhabinkamtibmas Sambangi Warga Jelang Pemilu 2024 di Ruteng, Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 20 November 2023 - Aipda Arkadius Modestus Arno, Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, melaksanakan kegiatan pencegahan dan sosialisasi Kamtibmas jelang Pemilu 2024. Pada hari Senin, 20 November 2023, Bhabinkamtibmas aktif bersambang ke Rumah Gendang Maras Desa Belang Turi Kecamatan Ruteng.

Dalam kunjungannya, Bhabinkamtibmas bertujuan untuk mendekatkan diri kepada warga setempat, menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, dan menggali informasi mengenai potensi kerawanan menjelang Pemilu 2024. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk melakukan upaya preventif guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selama sambang di Rumah Gendang Maras, Bhabinkamtibmas berdiskusi dengan para tokoh adat setempat. Hadir dalam kegiatan ini juga Babinsa Kecamatan Ruteng, Serka I Putu Eko, dan Sekdes Desa Belang Turi, Frans Hambut.

Beberapa poin yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas pada kesempatan tersebut antara lain:

1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Bhabinkamtibmas memberikan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya bekerja diluar negeri secara ilegal. Warga dihimbau untuk mengikuti mekanisme resmi pemerintah melalui PJTKI dan segera melaporkan rekrutan pekerjaan diluar daerah kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

2. Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Bhabinkamtibmas mengajak pemilik hewan peliharaan untuk menjaga keamanan dengan mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing, guna mencegah risiko gigitan yang berpotensi menularkan rabies kepada manusia.

3. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Warga diingatkan untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar, guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Bhabinkamtibmas juga mengajak warga untuk segera melaporkan ke petugas Bhabin apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

4. Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam: Bhabinkamtibmas memberikan edukasi terkait pencegahan dan antisipasi terjadinya bencana alam, seperti longsor. Warga dihimbau untuk tidak membangun rumah di daerah rawan longsor, menjaga kelestarian alam, dan melaporkan potensi bencana alam kepada petugas Bhabin.

Pada akhir kegiatan, Bhabinkamtibmas menekankan pentingnya menjaga Kamtibmas, tidak terlibat dalam money politik, dan mendukung pemilu dengan damai serta sesuai regulasi yang berlaku. Semua upaya ini dilakukan dalam rangka menjaga ketentraman dan keamanan masyarakat menjelang Pemilu 2024.(MBA)