Patroli Dialogis Sat. Samapta Polres Manggarai: Meningkatkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif di Kota Ruteng

Patroli Dialogis Sat. Samapta Polres Manggarai: Meningkatkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif di Kota Ruteng
Patroli Dialogis Sat. Samapta Polres Manggarai: Meningkatkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 12 Juni 2024 - Dalam upaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, anggota Sat. Samapta Polres Manggarai melaksanakan giat patroli dialogis dan sambang di dalam Kota Ruteng. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 12 Juni 2024, mulai pukul 09.00 WITA.

Patroli yang dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas Samapta, Aipda Kadek Suarsana, melibatkan enam personel menggunakan kendaraan R4 Dimax Samapta. Sasaran patroli kali ini adalah masyarakat yang berkumpul di depan toko/kios, di jalanan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, dan para penumpang di beberapa titik strategis seperti pertigaan, perempatan, serta arus lalu lintas di sepanjang Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Selama patroli, petugas berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat, tukang ojek, sopir angkot, dan pedagang, menyampaikan himbauan tentang pentingnya Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas). Petugas juga meminta masyarakat untuk berpindah ke tempat yang telah disediakan oleh pihak Pemda atau pengelola pasar, guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas, baik di area pasar maupun tempat lainnya, terutama menjelang pesta demokrasi dan Pilpres.

Patroli ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, diharapkan dapat mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, mengurangi potensi gangguan Kamtibmas, memberikan rasa aman dan tenteram kepada masyarakat, serta menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi dari masyarakat.

Selama kegiatan patroli berlangsung, situasi di dalam kota dan sekitarnya terpantau aman dan terkendali. Arus lalu lintas juga terlihat tertib dan lancar, menunjukkan efektivitas upaya penertiban dan pengaturan yang dilakukan oleh Sat. Samapta Polres Manggarai.

Dengan adanya patroli dialogis ini, diharapkan masyarakat semakin merasa dilindungi dan diayomi, serta termotivasi untuk ikut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka masing-masing.(MBA)